Keren! Petani Cabai Ini Sekarang Sukses Jadi Bos Babi Guling

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 05 Feb 2022 15:30 WIB
Kisah mantan petani cabe sukses jualan babi guling
Foto: YouTube Sugianta TV
Jakarta -

Awalnya bekerja sebagai petani cabai, kini pria di Bali ini sukses jadi pengusaha babi guling. Bahkan ia sudah memiliki 31 langganan warung makan.

Adalah Made Gunawan alias Lengar seorang pria asal Bali yang sukses menjadi pengusaha babi guling. Kisahnya menginspirasi netizen setelah dibagikan di channel YouTube Sugianta TV.

Dalam video berdurasi 7 menit tersebut Made Gunawan menceritakan bahwa sebelum menjadi pengusaha babi guling, ia bekerja sebagai petani cabe dan sayuran di desanya.

Ia menyebutkan bahwa ia terinspirasi dengan ibunya yang bekerja sebagai karyawan di warung babi guling. Melihat kesuksesan ibunya akhirnya ia pun tertarik untuk berbisnis babi guling.

Baca Juga: Wow! YouTuber Ini Mukbang Babi Guling Utuh seharga Rp 1.5 Juta

Kisah mantan petani cabe sukses jualan babi gulingMade Gunawan, seorang mantan petani cabe yang kini sukses berbisnis babi guling Foto: YouTube Sugianta TV

"Jualan babi guling karena dulu ibunya bekas buruh di warung babi guling juga. Dia lancar jadi anaknyapengen juga jualan babi guling," ujar Made.

Hingga akhirnya di tahun 2016 ia pun menjalani usaha babi guling. Awalnya ia hanya membuat satu ekor babi guling saja untuk warung makannya yang bernama Babi Guling Pak Lengar.

Namun kelamaan, banyak warung babi guling yang memesan babi guling ke Made Gunawan untuk dijual lagi di warung babi guling milik mereka masing-masing.

Dari yang awalnya hanya membuat satu ekor dalam sehari, kini Made bisa membuat sebanyak 8 ekor per harinya. Dikonfirmasi detikFood, kini ia memiliki langganan 31 warung makan yang memesan babi guling.

Baca Juga: Viral! 5 Kisah Getok Harga di Tempat Makan Ini Bikin Warganet Emosi

Kisah mantan petani cabe sukses jualan babi gulingDalam sehari, Made bisa memproduksi babi guling sebanyak 8 ekor Foto: YouTube Sugianta TV

"Di atas 30 warung yang sudah jalan beli babi guling di sana. Kalau sehari sekarang itu maksimal bikin 8 ekor babi guling. Beratnya rata-rata sekitar 95 kilogram," tutur Made.

Dalam menjalani bisnisnya, Made menceritakan bahwa dirinya kerap mengalami kendala. Kendala tersebut ada pada tenaga kerjanya.

"Yang menjadi kendala itu ya tenaga ya, kadang karyawan itu datang kadang gak datang. Pernah juga kesulitan mencari babi," ujar Made Gunawan.

Kisah mantan petani cabe sukses jualan babi gulingKini Made Gunawan memiliki 31 langganan warung babi guling Foto: YouTube Sugianta TV

Selain berjualan babi guling untuk, Made Gunawan juga memiliki tiga warung makan yang menawarkan nasi campur babi guling. 2 warung berlokasi diTabanan dan 1 diDenpasar, Bali.

Kisah Made Gunawan dalam usaha babi guling ini pun membuat netizen salut. Banyak netizen yang terinspirasi dan memberikan dukungannya untuk Made Gunawan.

"Semangat bli Lengar, tetap berkarya. Semoga kuliner Bali khusus babi buling tetap lestari dan banyak pelanggan bli," tulis netizen.

"Semoga warung makan babi guling Pak Lengar makin laris dan banyak pelanggannya," tulis netizen lainnya.

Baca Juga: Mantan PNS Ini Sukses Jualan Babi Guling hingga Punya 2 Cabang



Simak Video "Bikin Laper: Mencicipi 3 Makanan Khas Daerah Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)