Wow! YouTuber Ini Mukbang Babi Guling Utuh seharga Rp 1.5 Juta

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 28 Nov 2021 10:30 WIB
Wow! YouTuber Ini Mukbang Babi Guling Utuh seharga Rp 1.5 Juta
Foto: YouTube Nengah NW
Jakarta -

Aksi YouTuber di Bali saat mukbang babi guling ini mencuri perhatian. Ia makan babi guling utuh sendirian yang dibeli seharga Rp 1,5 juta. Begini aksinya.

Babi guling merupakan makanan tradisional khas Bali. Bukan hanya jadi menu makan sehari-hari, tetapi juga jadi makanan yang sering disajikan dalam perayaan adat umat Hindu.

Biasanya babi guling dijadikan lauk untuk makan nasi campur Bali dan sate lilit. Dibuat dari seekor babi utuh yang perutnya diisi bumbu dan rempah, dijahit kemudian dipanggang utuh di atas bara api arang hingga matang perlahan dan kulitnya garing renyah.

Baca Juga: Sejarah Babi Guling yang Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Wow! YouTuber Ini Mukbang Babi Guling Utuh seharga Rp 1.5 JutaWow! YouTuber Ini Mukbang Babi Guling Utuh seharga Rp 1.5 Juta Foto: iStock

Namun, YouTuber asal Bali ini punya cara yang unik untuk menikmati babi guling favoritnya. Lewat channel YouTubenya (06/11/21), YouTuber Nengah NW ini memperlihatkan aksi mukbang babi guling. Babi guling tersebut disajikan secara utuh satu ekor.

Nengah mengatakan bahwa babi guling tersebut menggunakan babi yang masih muda. Babi guling tersebut dibeli dengan harga Rp 1.5 juta, seperti yang telah dikonfirmasi detikcom (27/11/28).

Setelah matang, babi guling tersebut memiliki berat sekitar 7-8 kilogram. Karena di dalam tubuh babi guling tersebut diisi dengan bumbu base genep khas Bali.

Wow! YouTuber Ini Mukbang Babi Guling Utuh seharga Rp 1.5 JutaWow! YouTuber Ini Mukbang Babi Guling Utuh seharga Rp 1.5 Juta Foto: YouTube Nengah NW

Nengah pun menunjukkan tekstur kriuk pada kulit babi gulingnya. Saat dipotong menggunakan pisau, bunyi kriuk pada kulit babinya terdengar renyah, tetapi tidak serenyah babi guling yang menggunakan babi dewasa.

"Karena babinya masih muda, jadi kulitnya ada rasa lembutnya juga," ujar Nengah di dalam video YouTubenya yang berdurasi 14 menit.

Kemudian, Nengah juga memakan bagian lemaknya yang menurutnya tak kalah lezat dari bagian kulit. Nengah mengatakan bahwa aroma bumbu base genep dapat meningkatkan selera makan.

"Daging muda, lemak dan dagingnya yang menempel di tulang iga ini lembut sekali," tuturnya.

Baca Juga: Mantan PNS Ini Sukses Jualan Babi Guling hingga Punya 2 Cabang

Wow! YouTuber Ini Mukbang Babi Guling Utuh seharga Rp 1.5 JutaWow! YouTuber Ini Mukbang Babi Guling Utuh seharga Rp 1.5 Juta Foto: YouTube Nengah NW

Supaya lebih puas, Nengah kemudian menikmati babi guling tersebut dengan nasi putih. Lebih lanjut, Nengah juga menjelaskan bahwa jika babi guling muda didiamkan beberapa menit, maka tekstur kulitnya seperti melempem.

Di akhir video, Nengah juga mengatakan bahwa babi guling muda tersebut dapat dinikmati hingga 8 orang. Dan harganya berkisar dari Rp 1,3 juta hingga Rp 3 juta tergantung ukuran babi.

Video Nengah saat mukbang babi guling utuh tersebut pun ramai dikomentari netizen. Videonya tersebut membuat netizen menjadi penasaran dengan rasa babi guling.

Wow! YouTuber Ini Mukbang Babi Guling Utuh seharga Rp 1.5 JutaWow! YouTuber Ini Mukbang Babi Guling Utuh seharga Rp 1.5 Juta Foto: iStock

"Walaupun saya tidak boleh makan, tetapi saya suka dengan cara masaknya, cara memakannya dan rasanya pun pasti mantap, sehat terus mas, salam toleransi," tulis netizen.

"Saya gak makan babi, tapi saya suka lihat bli review babi guling di Bali. Salam dari Jawa Timur, sehat selalu bli," tulis netizen lainnya.

Di channel YouTubenya, Nengah memang selalu membagikan momennya saat kulineran babi guling. Video lainnya yang menarik perhatian adalah saat ia mereview babi krispi berlapis emas 24 karat.

Baca Juga: Terinspirasi dari Salt Bae, Babi Guling Ini Dilapisi Emas 24 Karat



Simak Video "Zsazsa Caesar, Model Asal Bandung dengan Kondisi Kulit Vitiligo"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)