ADVERTISEMENT

Ngeri! Kejadian Tragis Ini Berawal dari Permen Mint

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 02 Feb 2022 18:00 WIB
Ngeri! Kejadian Tragis Ini Berawal dari Permen Mint
Foto: Site News/Public Domain
Jakarta -

Berawal dari permen mint. Kejadian tragis saat malam Halloween ini menjadi catatan sejarah yang kelam di Inggris hingga sekarang.

Halloween identik dengan perayaan kostum serta Trick or Treat, di mana anak-anak hingga orang dewasa berkeliling ke rumah-rumah orang untuk meminta permen hingga cokelat.

Meski terdengar modern, tradisi ini sudah dilakukan sejak tahun 1858 di Bradford, Inggris. Namun ada kejadian kelam yang berawal dari permen mint yang memakan banyak korban.

Dilansir dari Atlas Obscura (02/02), berikut kisah seputar permen mint yang dijadikan alat pembunuh secara halus oleh pembuat permen di sana.

Baca Juga: Wanita Ini Berhasil Turunkan Berat Badan dengan Berhenti Konsumsi Makanan Ini" selengkapnya


1. Permen Beracun Buatan Williaw Hardaker

Ngeri! Kejadian Tragis Ini Berawal dari Permen MintPermen Mint Foto: Site News/Public Domain

William Hardaker merupakan penjual permen dan manisan di Green Market, Bradford. Pada tanggal 30 Oktober, jelang perayaan Halloween ia membuka lapak dagangannya dan menjual permen mint yang populer.

Hari itu ia berhasil menjual sekitar 2,5 kg permen mint yang kebanyakan dibeli oleh buruh pabrik. Anehnya keesokan harinya ada dua anak berusia 8 dan 11 tahun yang meninggal dunia. Saat itu tingkat kematian anak-anak memang tengah tinggi karena wabah kolera dan sebagainya. Sampai kematian kedua bocah ini tidak terlalu menarik perhatian.

Namun keanehan terus terjadi ketika di tanggal 31 Oktober, semakin banyak orang yang meninggal dunia secara tiba-tiba.

2. Permen Mint Beracun

Banyaknya kasus orang meninggal dunia secara mendadak membuat seorang warga bernama Mark Burran curiga. Bahwa kedua anaknya yang masih berusia 2 dan tahun tersebut meninggal dunia setelah ia memberikan permen mint yang dibelinya.

Kecurigaan ini terbukti ketika ada seorang pria yang iseng mencoba memakan permen itu, dan beberapa hari kemudian jatuh sakit. Burran langsung melaporkan penjual permen yang dicurigainya.

Sementara itu para dokter di kota Bradford panik mendapati banyaknya anak-anak hingga orang dewasa yang sakit dan sekarat dalam waktu bersamaan.

3. Permen Mint Arsenik yang Mematikan

Pada saat itu memang makanan yang beracun bukan lah topik baru. Sehingga makin banyak orang yakin bahwa Hardaker merupakan penyebab dari semua kematian ini. Di dalam permen buatan Hardaker terbukti mengandung arsenik dalam jumlah besar.

Ketika ditangkap Hardaker langsung menuduh Josep Neal, salah satu penjual bahan-bahan untuk pembuat permen yang menjual cairan racun berbahaya kepadanya. Neal juga memberikan resep permen untuk ditiru Hardaker.

Permen mint buatannya memiliki komposisi gula, minyak daun mint, air, gum dan daft. Daft sendiri merupakan bubuk gipsum yang banyak digunakan oleh penjual makanan nakal, untuk mengganti gula dan menekan biaya produksi serendah mungkin.



Simak Video "Avolato, Paduan Alpukat dan Gelato yang Lezat Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT