Tak Cuma di Indonesia, 'Penistaan' Ramen Es Krim Juga Ada di Jepang

Devi Setya - detikFood Sabtu, 29 Jan 2022 13:30 WIB
Ramen Es Krim Foto: Instagram @franken0705
FOKUS BERITA Gurih Nagih Ramen
Jakarta -

Belum lama ini netizen Indonesia tengah heboh karena ada yang mengolah mie instan dengan tambahan es krim. Ternyata hal serupa juga ada di Jepang dimana ramen disajikan dengan topping es krim.

Ramen yang rasanya gurih asin biasa disajikan dengan topping yang rasanya juga gurih. Sebut saja tempura, telur atau katsu. Tapi tidak dengan ramen satu ini, ramen kuah miso yang gurih justru disajikan dengan topping es krim lembut yang masih lengkap dengan wafer conenya.

Dilansir dari Oddity Central (29/1) sebuah restoran di Jepang membuat kreasi menu yang antimainstream. Restoran Franken yang berlokasi di Osaka, Jepang ini menawarkan ramen dengan sensasi rasa yang tak biasa. Bisa dibilang 'penistaan makanan' karena paduannya tak biasa.

Ramen Es KrimRamen Es Krim Foto: Instagram @franken0705

Ramen berkuah miso yang disajikan dengan es krim ini mulai ditawarkan sejak 4 Januari 2022. Mie ramen yang disajikan hangat, langsung diberi topping es krim cone. Lelehan es krim yang bercampur kuah ramen dianggap berhasil menghadirkan rasa yang unik namun lezat.

Untuk kuah ramennya sendiri terbuat dari kaldu miso yang dicampur pasta cabai merah gochujang. Kaldu ini juga dibuat dari rebusan daging babi, sapi, dan ayam sehingga rasanya gurih. Tambahan es krim pada kuahnya memberi sensasi manis creamy pada ramen ini.

Meskipun banyak orang meragukan rasanya, tetapi pihak restoran Franken sangat percaya diri kalau kreasi ramen ini akan disukai banyak orang.

"Setelah mencoba lebih dari 10 jenis es krim, saya memilih es krim lembut dengan campuran cokelat yang tidak terlalu manis dibandingkan dengan es krim susu biasa," kata Mr Shimizu, peracik ramen es krim ini.

Ramen Es KrimRamen dengan tambahan es krim Foto: Instagram @franken0705

Ramen juga dilengkapi dengan telur rebus dan irisan daging yang bisa dipilih sesuai selera seperti daging babi, daging sapi, atau ayam. Cara menyantapnya pun unik. Ramen bisa diaduk lebih dulu hingga es krim meleleh seluruhnya, kemudian nikmati selagi hangat.

Sebagai menu spesial, ramen es krim ini hanya tersedia hingga akhir Maret 2022. Semangkuk ramen es krim ini dibanderol dengan harga 850 yen atau setara Rp105 ribu.


Restoran Franken memang terkenal dengan menu makanannya yang unik. Sebelum menawarkan ramen es krim, tahun lalu restoran ini menyajikan ramen dengan permen kapas sebagai topping. Paduan rasa gurih manis tampaknya menjadi hal yang menarik di restoran ini.



Simak Video "Uniknya Ramen Kuah Matcha di Ramen For The Soul"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/adr)
FOKUS BERITA Gurih Nagih Ramen

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com