Sayang Kalau Dibuang, Sisa Kuah Mie Instan Bisa Diolah Jadi Saus Es Krim

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 02 Des 2021 12:30 WIB
Sisa Kuah Mie Instan Dijadikan Saus Es Krim Foto: sora news
Jakarta -

Sisa kuah mie instan sering dianggap tak bernilai dan biasanya dibuang begitu saja. Padahal kuah mie instan dapat dimanfaatkan kembali menjadi saus es krim. Bagaimana cara membuatnya?

Siapa yang tak mengenal mie instan? Produk mie yang proses memasaknya hanya membutuhkan waktu beberapa menit ini digemari hampir di seluruh dunia. Ada beragam jenis merek dan varian rasa, terdiri dari yang kering maupun kuah.

Untuk mie instan varian kuah biasanya dikreasikan dengan cita rasa sup. Seperti di Indonesia, ada mie instan rasa soto mie, kari ayam, hingga mie kocok Bandung.

Berbeda dengan mie instan kuah asal Jepang. Varian rasanya berupa ramen berkuah kaldu ayam, pedas, dan lainnya.

Sisa Kuah Mie Instan Dijadikan Saus Es KrimSisa Kuah Mie Instan Dijadikan Saus Es Krim Foto: sora news

Baca Juga: 10 Potret Penjual Pancake Cantik yang Viral karena Tak Pakai Bra

Kalau biasanya sisa kuah mie instan atau ramen langsung dibuang begitu saja saat tidak habis, namun sekarang kamu bisa menjadikannya makanan yang enak. Seperti resep yang dibagikan oleh situs Sora News (24/11), kuah mie instan yang rasanya gurih itu bisa dijadikan saus es krim yang nikmat.

Resep yang mereka bagikan menggunakan ramen cup instan rasa udang dan daging babi. Setelah itu, sisa kuah ramen tersebut ditambahkan tepung kentang dan gula.

Cara membuat saus es krim dari sisa kuah ramen itu juga sangatlah mudah. Kamu bisa langsung panaskan selama 30 detik di dalam microwave dengan 500 watt. Setelah itu, aduk racikannya sampai merata.

Sisa Kuah Mie Instan Dijadikan Saus Es KrimSisa Kuah Mie Instan Dijadikan Saus Es Krim Foto: sora news

Baca Juga: 5 Toko Roti Legendaris Ini Masih Eksis, Ada yang Berusia Lebih dari 100 Tahun!

Saat semua bahan telah tercampur merata dan teksturnya menjadi agak kental, bisa langsung menuangkannya ke atas es krim favoritmu. Dalam resep tersebut, mereka menggunakan es krim vanila.

Pembuat saus es krim dari kuah ramen ini adalah K. Mashami. Menurutnya, rasa kuah ramennya tetap mendominasi walaupun sudah ditambahkan tepung kentang dan gula. Namun, ia tak begitu menyukainya karena terasa aneh.

Sisa Kuah Mie Instan Dijadikan Saus Es KrimSisa Kuah Mie Instan Dijadikan Saus Es Krim Foto: sora news

Selain dijadikan saus es krim, sisa kuah ramen juga dapat diolah bersama beras menjadi sajian nasi yang nikmat. Beberapa waktu lalu resepnnya sempat viral. Kamu cukup menambahkan sisa kuah ramen ke dalam racikan beras dan masak seperti biasa. Jika ingin terasa lebih nikmat, bisa tambahkan potongan sosis, kacang polong, sayuran, dan lainnya.

Baca Juga: Setelah Nasi KFC, Ini Nasi Kuah Ramen yang Gampang Dicontek



Simak Video "Bikin Laper: Seruput Ramen Super Pedas yang Mantap Abis!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com