Tempat Makan Legendaris Masih Eksis

5 Toko Roti Legendaris Ini Masih Eksis, Ada yang Berusia Lebih dari 100 Tahun!

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 01 Des 2021 14:30 WIB
Toko Roti Sidodadi
Foto: NFadils/d'Traveler
Jakarta -

Meski toko roti kekinian kini banyak bermunculan, namun yang legendaris berusia puluhan hingga ratusan tahun tetap memikat hati para pecinta roti di Indonesia.

Bakery atau toko roti menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan roti yang enak. Banyak toko roti atau bakery kekinian dengan pilihan roti yang modern.

Namun, yang legendaris dan kuno juga tak kehilangan eksistensinya hingga saat ini. Masih banyak orang yang setia menikmati roti-roti dari toko roti legendaris, seperti Tan Ek Tjoan hingga Toko Roti Go yang usianya lebih dari 100 tahun.

Toko roti legendaris banyak tersebar di berbagai daerah, seperti Jakarta, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah. Teknik pembuatan roti kuno yang memberi tekstur empuk halus pada roti sehingga disukai banyak orang.

Berikut 5 toko roti legendaris di berbagai kota di Indonesia.

1. Toko Roti Go (1898)

Toko Roti Legendaris yang masih eksis di Indonesia. Ada yang usianya lebih dari 100 tahun.Toko Roti Legendaris yang masih eksis di Indonesia. Ada yang usianya lebih dari 100 tahun. Foto: Instagram @roti_go

Di Purwokerto, Kabupaten Banyumas bisa kamu temui toko roti legendaris. Namanya Toko Roti Go yang disebut-sebut sebagai toko roti tertua dan pertama di Indonesia. Toko Roti Go sudah berdiri sejak tahun 1898, kini usianya 123 tahun dan masih eksis.

Bagian luar bangunan Toko Roti Go tampak usang dan sederhana, namun masuk ke bagian dalamnya tampak rapih dan bersih. Kamu bisa melihat puluhan varian roti manis yang dipajang di atas etalase. Roti-roti ini juga dibuat langsung dan selalu baru setiap harinya.

Roti nougat menjadi menu andalan Toko Roti Go. Ada yang isiannya nougat meises keju hingga nougat keju dengan harga mulai dari Rp 8.000. Roti isi pisang cokelat, srikaya kelapa juga tak kalah populer.

Baca Juga: Coba Promosikan Restoran, Ade Londok Malah Diusir sama Pemilik Restonya

2. Toko Orion Mandarijn (1932)

Toko roti legendaris lainnya juga bisa kamu temui di Solo, Jawa Tengah. Toko roti bernama Orion Mandarijn ini sudah berdiri sejak tahun 1932. Toko roti paling kondang di Solo dan menjadi salah satu pusat oleh-oleh hingga saat ini.

Pilihan roti yang ditawarkan sangat banyak. Ada roti gambang, roti kasur, roti kering, hingga aneka kue kering ditawarkan oleh Orion Mandarijn. Andalannya adalah roti lapis Mandarin yang lembut halus teksturnya, nyaris tak berubah.

Kamu juga bisa menemukan oleh-oleh khas Solo dan sekitarnya. Seperti belalang goreng, keripik, keripik belut, keriik paru, aneka sirop dan manisan hingga intip (kerak nasi goreng).



Simak Video "Bikin Laper: Mencicipi 3 Makanan Khas Daerah Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]