Pria Ini Masak Soto Jadi Puding, Netizen: Sekte Baru Makan Soto

Devi Setya - detikFood Rabu, 26 Jan 2022 16:30 WIB
Pria Ini Masak Soto Jadi Puding, Netizen: Sekte Baru Makan Soto Foto: TikTok @adisuryasatriawan
Jakarta -

Seorang pria menunjukkan cara mengolah soto menjadi puding. Ia lantas melahapnya dengan sambal dan aneka sate. Netizen menyebut cara makan ini sekte baru.

Setelah netizen pamer makan mie instan pakai es krim, kini ada lagi cara aneh makan soto yang diolah menjadi puding. Video soal olahan puding soto ini pun menuai kontroversi, banyak yang menyebut kalau cara makan ini sebagai sekte baru makan soto.

Adalah Adi Surya, pria yang membeli soto untuk kemudian dimasak lagi menjadi puding. Lewat akun tiktoknya @adisuryasatriawan, ia mengunggah langkah-langkah membuat puding soto ini.

Pria Ini Masak Soto Jadi Puding, Netizen: Sekte Baru Makan SotoSoto ayam diolah jadi puding Foto: TikTok @adisuryasatriawan

Awalnya Adi membeli soto ayam di warung dekat rumahnya, kemudian ia mencampurkan bubuk agar-agar dan memasak soto ini hingga mendidih dan kuahnya mengental. Selanjutnya Adi mencetak soto pudingnya dengan cetakan es loli.

Setelah mengeras, puding soto ini disantap dengan sambal, tempe goreng dan sate. Video yang diunggah pada (11/1) ini langsung menarik perhatian netizen. Banyak yang membayangkan rasa puding soto ini.

"Bagus siih inovasi terbaru. tapi ini jd merusak citra makanan," kata netizen.

"Sekte apa lagi ini? Cara menikmati soto yang beda dari yang lain," sahut netizen lainnya.

Ketika dihubungi detikFood (21/1) Adi mengatakan ide awal membuat puding soto ini hadir setelah melihat unggahan selebgram @javafoodie.


"Ide berawal dari liat instagram stori dari mas dadad javafoodie, langsung spontan ke inget dulu pernah buat tapi hidangan itu memang ada dan namanya "Aspic" adalah sebuah hidangan dimana bahan-bahannya dimasukkan dalam sebuah gelatin yang terbuat dari kaldu daging atau consommé. Hidangan manis tak gurih sering kali dibuat dengan campuran gelatin komersial tanpa kaldu atau consommé biasanya disebut jello salad di Amerika Serikat atau gelatin salads di tempat lain," beber Adi yang juga berprofesi sebagai chef ini.

Pria Ini Masak Soto Jadi Puding, Netizen: Sekte Baru Makan SotoAdi makan puding soto ayam Foto: TikTok @adisuryasatriawan

Ketika ditanya soal rasanya, Adi justru menyarankan untuk tidak mencobanya. Ia sendiri pun merasa menyesal membuat soto menjadi puding karena rasanya justru jadi manis.

"Rasanya menyesal dan jangan dicoba hahaha, karna rasanya menjadi agak manis karna bubuk jelly nya. Saya buat secara spontan untuk lucu2 an aja dan gak nyangka bakal ramai komentar netizen," pungkas Adi.



Simak Video "Bikin Laper: Nikmatnya Soto Ayam Komplet Pakai Ceker "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com