Gegara Efek Jimin BTS, Ekspor Tteokbokki dan Gochujjang Melonjak

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 27 Jan 2022 19:00 WIB
Jimin BTS diduga tak melakukan operasi plastik Foto: dok. Big Hit Entertainment
Jakarta -

Popularitas member BTS kembali tak diragukan. Jimin BTS disebutkan turut berkontribusi pada ekspor tteokbokki dan gochujjang di Korea pada 2021.

BTS merupakan grup idola asal Korea Selatan ini telah mendunia. Popularitasnya di luar Korea Selatan sangat cemerlang. Hal ini terlihat dari banyaknya penggemar BTS.

Ada istilah 'Efek BTS' di kalangan ARMY yang memiliki arti apapun yang dikenakan dan disantap oleh member BTS akan memberikan keuntungan pada pelaku usaha tersebut. Hal ini sering ditunjukkan beberapa kali oleh BTS.

Jimin BTS Bikin Ekspor Makanan Korea Berupa Tteokbokki dan Gochujang MelonjakJimin BTS Bikin Ekspor Makanan Korea Berupa Tteokbokki dan Gochujang Melonjak Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Ayam Goreng SPG hingga Sate Kiloan PSK, 5 Tempat Makan dengan Nama Unik

Banyak juga pelaku usaha di bidang fashion dan kuliner yang mempercayakan BTS sebagai model mereka. Seperti McDonald's, Baskin Robbins, 7Eleven, dan lainnya.

Dilansir dari Allkpop (26/1), Jimin BTS kembali menunjukkan adanya 'Efek BTS' dalam penjualan tteokbokki dan gochujjang. Disebutkan kalau ekspor dua makanan khas Korea itu melonjak tajam.

Menurut laporan tahun 2021 oleh pasar subdivisi makanan olahan yang diterbitkan oleh perusahaan distribusi makanan pertanian Korea dan Kementerian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, ekspor makanan olahan meningkat 35,1% dibandingkan tahun sebelumnya, 25,85 juta USD (sekitar Rp 359 miliar) menjadi 34,93 juta USD (sekitar Rp 489 miliar).

Jimin BTS Bikin Ekspor Makanan Korea Berupa Tteokbokki dan Gochujang MelonjakTteokbokki Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Cara Baru! Netizen Matangkan Sashimi Salmon dengan Celup ke Sup Miso

Di antaranya yang mengalami lonjakan ekspor bahan makanan tersebut adalah tteokbokki sebesar 56,7% dan gochujjang sebesar 35,2%. Bahkan, untuk pertama kalinya sejak 2019 bahan baku tteokbokki juga mengalami lonjakan 100 juta USD (Rp 1,4 triliun).

Lonjakan ekspor kue beras yang stabil ini dikaitkan dengan reputasi Jimin BTS secara global. Pasalnya, ia dikenal berkontribusi pada peningkatan ekspor tteokbokki dan gochujjang setelah ia sering terlihat memakannya.
Ternyata tak hanya tteokbokki dan gochujjang saja yang mengalami lonjakan, tapi juga pada makanan lainnya. Sebut saja mie instan, pangsit (dumpling), hingga 'Jimin Coffee' juga pernah ditawarkan oleh sebuah restoran di Italia.

Jimin BTS Bikin Ekspor Makanan Korea Berupa Tteokbokki dan Gochujang MelonjakGochujang Foto: Getty Images/iStockphoto

BTS Jimin is being lauded for positively impacting the economy of his country by increasing the export of its food, a basic need worldwide. This rightfully places him in the right position as Korea's Frontman.

Efek dari Jimin BTS ternyata berdampak positif terhadap perekonomian negara dengan cara meningkatkan ekspor makanan dan kebutuhan dasar ke seluruh dunia. Tak heran kalau Jimin BTS banyak mendapatkan pujian dari Pemerintah Korea.

Baca Juga: Gegara Jungkook BTS Salah Sebut, Resto di Amerika Ini Ganti Nama



Simak Video "Menyantap Tteokbokki hingga Cheese Ramyun Sambil Lesehan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com