Viral! Kisah Penjual di India Dikritik karena Jual Panipuri Keju

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 27 Jan 2022 14:00 WIB
Penjual Panipuri Dihujat Gegara Tambahan Topping Keju Foto: Instagram/food_o_logu_nagpur
Jakarta -

Menjadi jajanan khas di pasar-pasar dan penjual kaki lima di India, panipuri banyak penggemarnya. Tampil beda dengan menambahkan keju, penjual panipuri di India ini justru menuai hujatan.

Layaknya di Indonesia, di India banyak sekali jajanan kaki lima atau street food yang begitu populer. Ada Golgappa, Panipuri, Puchka, Batase hingga beberapa jajanan kaki lima lainnya yang selalu dikerubungi pelanggan.

Terkenal dengan gaya penyajian jajanannya yang khas, kali ini ada yang berbeda dengan penjual kaki lima di India. Akhir-akhir ini memang tengah populer berbagai hidangan disajikan dengan tambahan topping keju. Mulai dari makanan hingga minuman.

Mencoba bereksperimen mengikuti tren yang sedang berkembang, seorang penjual jajanan kaki lima ini mencoba menambahkan keju di atas panipurinya. Diunggah oleh salah satu netizen, bukan pujian yang didapatkan tetapi justru unggahan tersebut banjir hujatan.

Baca juga: Kehabisan Nasi, Pria Ini Makan Pecel Lele Pakai Mashed Potato!

Penjual Panipuri Dihujat Gegara Tambahan Topping KejuBerinovasi menambahkan topping keju, penjual panipuri ini dihujat. Foto: Instagram/food_o_logu_nagpur

Mengutip Food NDTV (19/1); sebuah unggahan pada akun Instagram @food_o_logu_nagpur menampilkan seorang penjual makanan kaki lima di kota Nagpur, India. Dalam video tersebut diperlihatkan pedagang panipuri yang memiliki penyajian panipuri cukup berbeda dengan yang lainnya.

Dalam video tersebut, panipuri yang telah diberi isian dan bumbu khas India ini ditambahkan topping unik. Irisan keju yang berlimpah terlihat menggunung di atas panipuri yang disajikan oleh pedagang tersebut.

Saat ditanya oleh pemilik akun "Apa yang kamu tambahkan?" penjual tersebut langsung menjawabnya dengan tegas "Aku menambahkan keju. Tolong jangan bilang siapapun". Tampil berbeda, penjual jajanan kaki lima ini justru takut diketahui oleh lebih banyak orang.

Makanan khas India yang dikenal dengan konsistensinya untuk menjaga keasliannya membuat penambahan toping-toping yang tidak biasa justru menjadi hal yang aneh dan dihindari masyarakatnya. Hal ini benar terbukti setelah video unggahan tersebut menjadi viral.

Baca juga: Kocak! 7 Chat Ojol dengan Pelanggan Ini Sukses Bikin Ngakak

Penjual Panipuri Dihujat Gegara Tambahan Topping KejuDianggap menyalahi aturan, penjual panipuri yang satu ini diklaim sebagai penistaan. Foto: Instagram/food_o_logu_nagpur

Setelah dilihat lebih dari 619 ribu kali dan disukai oleh hampir 40 ribu pengguna Instagram, terlihat banyak netizen yang membanjiri kolom komentar. Sebagian besar isi komentarnya mengaku kecewa dengan aksi yang dilakukan pedagang tersebut.

"Akhir-akhir ini penjual makanan kaki lima menambahkan keju untuk segala-galanya, tanpa pengetahuan dan pertimbangan rasa. Ini salah satu penistaan terhadap panipuri," tulis salah satu netizen.

"Aku benar-benar merasa ingin meninggalkan Nagpur setelah melihat unggahan video ini," balas netizen lainnya.

Banyak sekali yang menyayangkan tren menambahkan keju yang sudah dianggap terlalu berlebihan. Diakui oleh netizen seharusnya tidak semua hidangan baik makanan ataupun minuman ditambahkan keju sebagai toppingnya.

Baca juga: 5 Makanan Pemicu Gula Darah Naik yang Perlu Diwaspadai



Simak Video "Merakyat Nikmat! Angkringan Sampai Risol Pedas di Kawasan Blok M Square"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com