ADVERTISEMENT

Warung Kopi Klotok Pakem Diboyong Titiek Soeharto ke Cisarua

Odilia WS - detikFood
Selasa, 25 Jan 2022 16:00 WIB
Jakarta -

Warung kopi yang kondang dengan kopi tubruk dan pisang goreng di Pakem kini ada di Cisarua, Bogor. Dalam 6 bulan warung kopi khas Jawa itu disiapkan.

Bagi yang pernah mampir ke Warung Kopi Klotok Pakem, Yogyakarta Mungkin masih ingat rasa kopi tubruk yang disajikan hangat. Pisang kepok goreng tepung dan sayur lodehnya juga memikat selera. Tak heran warung itu selalu disesaki pengunjung terutama di hari libur.

Mulai hari Sabtu (22/1) kamu bisa mampir di Warung Kopi Klotok cabang Cisarua, Bogor. Berlokasi di Kopo, Cisarua, di pinggir jalan raya ke arah Puncak, warung ini gampang dicari. Atau pakai patokan Wisma DPR yang bersebelahan dengan warung ini.

Dari tepi jalan sudah terlihat bangunan limasan kayu jati kecokelatan yang jadi bangunan utama warung kopi. Sepanjang jalan terdapat banner kecil kuning yang jadi penunjuk arah bertulisan 'lodeh tempe', 'lodeh terong' dan beberapa menu andalan Warung Kopi Klotok.

Ikon Jawa makin terasa kuat saat memasuki halaman warung kopi yang menempati area seluas 5.000 m2. Ada beberapa bangunan limasan dan joglo di bagian belakang yang seluruh areanya dikelilingi pepohonan, tanaman bunga mawar dan anggrek. Terasa asri dan adem!

Warung Kopi Klotok Pakem Diboyong Titiek Soeharto ke CisaruaWarung Kopi Klotok Pakem Diboyong Titiek Soeharto ke Cisarua Foto: detikfood/odilia

Titiek Soeharto Jatuh Hati pada Lodeh Jawa

Warung Kopi Klotok Pakem, Kaliurang, Yogyakarta populer di kalangan traveler dan foodies. Karena suasana warung kopi yang sederhana, makanan dan kopi yang terjangkau harganya dan pemandangan asri di kelilingnya.

Dalam perjalanan ke Solo dan Yogyakarta beberapa waktu lalu, Titiek Soeharto atau Siti Hediati Hariyadi, putri mendiang presiden Soeharto sempat mampir ke Warung Kopi Klotok. Iapun mencicipi berbagai makanan di sana. Rupanya ia 'jatuh hati' pada lodeh tempe khas Jawa yang jadi menu andalan.

'Saya jatuh cinta dengan makanannya. Saya mencicipi makanannya. Lodeh ya. Lodeh itu masakan ibu saya sehari-hari. Ibu saya kalau setiap weekend ibu bikin lodeh tempe. Suasananya enak dan rame,' tutur Titiek Soeharto pada detikcom.

Kepincut dengan lodeh Jawa, Titiek kemudian menyatakan keinginan memboyong Warung Kopi Klotok Pakem ke Cisarua. Tujuannya agar warga Jakarta dan sekitarnya tak harus ke Yogyakarta untuk menikmati masakan rumah sederhana rumahan.

Ternyata tidak mudah. Karena Warung Kopi Klotok yang awalnya dirintis di Magelang ini sudah beberapa kali didekati pihak lain. Akhirnya dicapai kesepakatan 1,5 tahun lalu untuk membuka cabang di Cisarua, Bogor.

'Saya kerjain sendiri, ngga pake arsitek, ngga pake kontraktor, Saya merangkap jadi mandor hingga interior. Supaya dapat kepuasan tersendiri,' ungkap Titiek yang mengolah tanah kebun menjadi warung kopi.

Seperti apa menu yang disajikan Warung Kopi Klotok Cisarua? Lihat di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT