Kecuali Bikin Masakan Enak, Ini 5 Manfaat Praktis Bawang Bombai

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 25 Jan 2022 10:30 WIB
Tips Pakai Bawang Bombai Selain untuk Masakan
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, bawang bombai Seperti membersihkan hingga menghilangkan bau tak sedap di dapur.

Bawang bombai merupakan bumbu dapur yang dapat menambah cita rasa suatu masakan menjadi lebih sedap. Biasanya digunakan dalam tumisan sayur, sup, saus hingga makanan yang dipanggang.

Dilansir dari Food NDTV (17/1), bawang bombai dapat dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan di dapur. Seperti membersihkan oven hingga menghilangkan bau tak sedap.

Baca Juga: Ini 5 Efek Samping Jika Sering Ngemil Kentang Goreng

Berikut 5 manfaat praktis bawang bombai yang membantu pekerjaan di dapur.

1. Bersihkan Oven

Tips Pakai Bawang Bombai Selain untuk MasakanTips Pakai Bawang Bombai Selain untuk Masakan Foto: Getty Images/iStockphoto

Bawang bombai tak hanya bisa disantap, tapi juga memiliki fungsi lain untuk membersihkan peralatan dapur. Salah satunya dapat membersihkan oven.

Bawang bombai yang aromanya cukup tajam ini memiliki sifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan senyawa tersebut memainkan peran dalam membersihkan oven.

Cara membersihkan oven dengan bawang bombai ini sangatlah mudah. Kamu tinggal mengupas dan memotong bawang bombai menjadi dua bagian. Kemudian gunakan untuk menyeka kotoran yang menempel di seluruh permukaan oven.

2. Mencegah Perubahan Warna Makanan

Ada beberapa makanan yang jika dibiarkan malah mengubah warnanya. Di antaranya seperti apel dan alpukat yang akan berubah menjadi kecokelatan kalau terlalu lama dibiarkan di udara terbuka.

Kalau ingin warna makanan tidak berubah dalam waktu yang cepat, kamu bisa mencegahnya dengan bawang bombai. Kelembaban alami dan kandungan sulfur dalam bawang bombai disebutkan dapat memperlambat proses oksidasi makanan.

Caranya gampang, potonglah bawang bombai dan simpan dalam wadah berisikan alpukat atau makanan lainnya. Makanan-makaan itu tidak akan berubah warna dengan cepat.

Baca Juga: Ratingnya Tinggi! 5 Chinese Food Ini Paling Populer di Aplikasi Ojol



Simak Video "Bikin Laper: Aneka Potato Cheese Bread ala Korea di Tengah Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]