Berapa Lama Kopi Dapat Disimpan dan Aman Dikonsumsi?

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 23 Jan 2022 07:00 WIB
Waktu yang Tepat Kopi Seduh Bertahan dan Aman Dikonsumsi? Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Para penggemar kopi pasti pernah menyetok sejumlah kopi yang telah diseduh. Walau sepele, kopi seduh juga memiliki batas waktu terbaik untuk dikonsumsi.

Sebenarnya untuk membuat kopi tidak memerlukan waktu lama. Hanya diseduh menggunakan air panas, kemudian bisa langsung dinikmati. Bisa juga diracik dengan bahan favorit, seperti susu, gula, hinggga creamer.

Namun banyak penggemar kopi yang bekerja lebih memilih untuk menyetok kopi seduh mereka agar praktis. Jadi, mereka tinggal meraciknya ketika akan diminum.

Dilansir dari Coffee Affection (7/1), ternyata kopi seduh juga memiliki batas waktu terbaik untuk dikonsumsi. Bagi mereka pecinta secangkir kopi kental yang nikmat beraroma, harus segera meminumnya tidak lebih dari 15-20 menit setelah diseduh.

Waktu yang Tepat Kopi Seduh Bertahan dan Aman Dikonsumsi?Waktu yang Tepat Kopi Seduh Bertahan dan Aman Dikonsumsi? Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Racikan Kopi khas Desa Tetebatu yang Harum Nikmat

Hal ini dikarenakan kesegaran kopi yang telah diseduh akan berkurang dan hilang rasanya yang nikmat. Setelah 20-30 menit kopi seduh mungkin menjadi lebih pahit karena proses oksidasi.

Kopi seduh bisa disimpan untuk stok. Namun waktu penyimpanannya tak begitu lama. Untuk mereka yang menyimpan pada suhu kamar, kopi seduh hanya dapat bertahan selama 24 jam.

Sedangkan untuk yang menyimpannya di kulkas, kopi seduh dapat bertahan selama 3-4 hari. Walau masih aman untuk dikonsumsi, kesegaran kopi seduh sudah berkurang.

Baca Juga: Duh! Klepon hingga Tumpeng Pernah Dicap Makanan Tak Islami

Waktu yang Tepat Kopi Seduh Bertahan dan Aman Dikonsumsi?Waktu yang Tepat Kopi Seduh Bertahan dan Aman Dikonsumsi? Foto: Getty Images/iStockphoto

Lalu bagaimana kopi yang telah dicampurkan susu? Penggemar kopi harus mengetahui kalau kopi yang telah dicampurkan dengan susu dapat rusak lebih cepat.

Hal ini terjadi karena produk susu hewani maupun nabati dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang sangat cepat di dalam kopi. Sebaiknya kopi susu diminum dalam waktu 1-2 jam pada suhu kamar. Sedangkan dalam kulkas, kopi susu bisa bertahan selama 48 jam atau 2 hari.

Baca Juga: 5 Bahan Makanan yang Enak Diracik Bersama Kopi dan Aman untuk Diet



Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com