5 Bahan Makanan yang Enak Diracik Bersama Kopi dan Aman untuk Diet

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 21 Jan 2022 05:00 WIB
Bahan makanan yang aman dicampur kopi untuk dikonsumsi saat diet. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Pelaku diet dianjurkan mengonsumsi kopi hitam kalau ingin menurunkan berat badan. Kalau ingin meracik kopi lebih nikmat bisa memakai bahan yang aman berikut.

Kopi termasuk minuman menyehatkan yang aman dikonsumsi oleh pelaku diet. Dilansir dari Insider (11/1), kopi hitam baik dikonsumsi untuk diet karena memiliki kandungan zat antioksidan dan kafein yang dapat meningkatkan metabolisme dan bisa menurunkan berat badan.

Banyak pelaku diet yang merasa bosan karena terus-terusan mengonsumsi kopi hitam saja. Untuk mengatasi kebosanan tersebut, pelaku diet diperbolehkan mencampur bahan makanan lain saat meracik kopi. Tentunya harus rendah gula dan kalori.

Dilansir dari Eating Well (19/1), ada beberapa bahan makanan yang aman dan enak untuk diracik bersama kopi hitam. Bahan makanan ini juga direkomendasikan oleh ahli diet Ashley Reaver dari California, Amerika Serikat. Di antaranya ada susu, sedikit gula, hingga rempah.

Baca Juga: Resep Peyek Udang Renyah Tahan Lama yang Enak Buat Lauk

Berikut 5 bahan makanan yang enak dan aman diracik bersama 1 cangkir kopi saat sedang diet.

1. 60 Mililiter Susu Full Cream

Bahan makanan yang aman dicampur kopi untuk dikonsumsi saat diet.saat diet kamu bisa meracik kopi bersama susu asalkan takarannya tepat. Foto: Getty Images/iStockphoto

Pelaku diet boleh mencampurkan susu bersama kopi asalkan takarannya tepat. Susu yang direkomendasikan adalah susu full cream atau whole milk. Susu ini jauh lebih baik dari susu rendah lemak, karena kandungannya lebih bermanfaat untuk tubuh.

Susu full cream mengandung vitamin D yang berperan sebagai vitamin larut dalam lemak. Selain susu full cream, susu oat juga baik untuk meracik kopi. Sayangnya susu oat belum banyak ditawarkan di Indonesia.

Kamu bisa menambahkan 1/4 cup atau 60 ml susu full cream ke dalam racikan kopi hitam. Tambahan susu ini akan mengurangi rasa pahit dan lebih creamy.

2. 60 Gram Bubuk Protein

Bahan makanan yang aman dicampur kopi untuk dikonsumsi saat diet.Bubuk protein menambah cita rasa creamy pada kopi. Foto: Getty Images/iStockphoto

Bubuk protein banyak dikonsumsi saat tubuh kekurangan asupan protein. Kerap dijadikan protein shake oleh pelaku diet, karena sifatnya yang mengenyangkan.

Biasanya bubuk protein diracik menggunakan susu. Namun ahli diet juga merekomendasikan untuk meracik bubuk protein bersama kopi hitam. Cukup menambahkan 1/2 cup atau 60 gram bubuk protein ke dala racikan kopi hitam yang akan kamu konsumsi.

"Bubuk protein sebanyak itu akan menambahkan cita rasa creamy pada minuman kopi tanpa harus menggunakan creamer," ujar Reaver.

Baca Juga: Komplet! Begini 10 Menu Makan Siang di Sekolah di Berbagai Negara

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com