Begini Cara Meracik Kopi Khas Desa Tetebatu yang Nikmat

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 26 Des 2021 07:00 WIB
Cara Meracik Kopi Khas Desa Tetebatu Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Desa Wisata Tetebatu memiliki racikan kopi nikmat yang menjadi ciri khas mereka. Tak hanya kopi hitam biasa, melainkan dicampur beras, kelapa, hingga kakao.

Berkunjung ke Desa Wisata Tetebatu, Lombok Timur, NTB tak hanya dapat melihat keindahan alam yang memanjakan mata. Wisatawan juga dapat memiliki pengalaman langsung bersama para warga dalam keseharian mereka.

Dalam rangkaian Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika (23/11), Tim detikFood berkunjung ke salah satu restoran bernama Monkey Forest. Di restoran tersebut, kami disuguhkan secangkir kopi hitam nikmat yang ternyata racikan khas Desa Wisata Tetebatu.

Racikan kopi khas Desa Tebetatu memiliki ciri khas yang terbilang unik. Pasalnya para warga terbiasa mencampurkan bahan makanan lain untuk minuman kopi mereka.

Baca Juga: Gurih Nagih! 5 Bakmi Babi di Bogor Ini Terkenal Nikmat

Seperti apa keunikan kopi khas Desa Tetebatu? Yuk, simak!

Bahan Racikan Kopi Khas Tetebatu

Cara Meracik Kopi Khas Desa TetebatuCara Meracik Kopi Khas Desa Tetebatu Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Jika daerah lainnya biasa meracik kopi dengan cara yang biasa yaitu mencampurkan kopi bubuk, gula, dan air panas saja, berbeda dengan Desa Wisata Tetebatu. Racikan kopinya unik karena menggunakan tambahan bahan makanan lain.

"Ini kopi khas Tetebatu, beda dengan racikan kopi di daerah lain. Bedanya karena kita pakai campuran. Pakai beras dan kelapa yang ikut disangrai bareng biji kopi," tutur Razak, pemandu Desa Wisata Tetebatu sekaligus pemilik Restoran Monkey Forest setelah menyuguhkan secangkir kopi khas Tetebatu kepada detikFood (23/11).

Razak juga turut menjelaskan kalau racikan kopi yang ditambahkan beras dan kelapa ini memiliki rasa berbeda. Aroma khas kopi tetap kuat tercium, rasanya lebih pahit, namun tak begitu asam.

Cara Meracik Kopi Khas Desa TetebatuCara Meracik Kopi Khas Desa Tetebatu Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

"Aroma kopinya memang masih strong, kuat begitu. Rasa pahitnya juga kuat, jadi biasanya kami campurkan gula. Tapi, asamnya berkurang karena ditambahkan beras dan kelapa jadi kadar kafeinnya turun," jelasnya.

Selain menggunakan beras dan kelapa untuk racikan kopi, Razak juga mengatakan bisa menggunakan tambahan cokelat. Aroma cokelat yang nikmat bisa menambah kenikmatan kopi setelah diseduh.

Baca Juga: 7 Makanan Super untuk Cegah Pikun dan Sehatkan Otak

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Berkendara dengan Toyota Corolla Cross Hybrid Mengunjungi Sirkuit Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com