ADVERTISEMENT

7 Makanan Super untuk Cegah Pikun dan Sehatkan Otak

Tim Detikfood - detikFood
Sabtu, 25 Des 2021 05:00 WIB
A cup of esprJumlah Kalori Secangkir Kopi Hitam, Kopi Sehat yang Kaya Manfaat
esso black coffee
Foto: Getty Images/iStockphoto/MarioGuti
Jakarta -

Selama ini orang menjaga otak tetap sehat dengan olahraga. Padahal sederet makanan ini punya nutrisi penting yang bisa bikin otak sehat dan cegah pikun.

Setiap bahan makanan punya kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Memelihara kesehatan mata, menguatkan otot, menjaga kulit hingga otak tetap sehat.

Pilihan makanan mempengaruhi kesehatan otak dan menjaga daya konsentrasi serta mengurangi efek pikun seiiring bertambahnya usia.

"Otak yang sehat bergantung pada tubuh yang sehat. Sirkulasi darah yang baik itu penting, jadi lemak sehat dan karbohidrat sehat adalah awal yang baik," kata Walter Willett, profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard TH Chan School of Public Health.

Berikut ini 7 makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan otak dan mencegah pikun.

1. Telur

Kuning telur mengandung dengan kolin, sejenis vitamin B yang digunakan tubuh untuk membuat bahan kimia yang mempengaruhi suasana hati dan memori.

2. Kacang Hitam

Kacang-kacangan khususnya kacang hitam menyediakan folat atau vitamin B9. Kekurangan folat dapat menyebabkan kehilangan memori dan gampang lupa.

3. Buah Berry

Buah-buahan yang berwarna-warni ini dapat meningkatkan mood dan mengurangi risiko depresi. Blueberry dan buah beri berwarna lainnya menghasilkan anthocyanin, sekelompok senyawa tanaman dengan efek anti-inflamasi dan antioksidan.

Beberapa antioksidan dalam blueberry telah ditemukan terakumulasi di otak dan membantu meningkatkan komunikasi antar sel otak.

7 Makanan Super untuk Cegah Pikun dan Sehatkan Otak Foto: iStock

4. Walnut

Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi walnut secara rutin dapat membantu mengurangi risiko pikun dan dapat menunda penurunan kemampuan berpikir yang umumnya datang seiring bertambahnya usia.

5. Kopi

Mengutip Healthline, dua komponen utama dalam kopi - kafein dan antioksidan - dapat membantu mendukung kesehatan otak.

Kafein yang ditemukan dalam kopi memiliki sejumlah efek positif pada otak, termasuk Peningkatan kewaspadaan. Kafein membuat otak tetap waspada dengan memblokir adenosin, pembawa pesan kimia yang membuat kamu merasa mengantuk.

Lihat daftar makanan lainnya di halaman berikut ini.



Simak Video "Makan Nasi Padang Murah Meriah di Dekat Bandara Soetta"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT