Sebelum Dapat Rekor Dunia, Kentang Raksasa Ini Akan Jalani Tes DNA

Devi Setya - detikFood Sabtu, 22 Jan 2022 14:00 WIB
Doug, Kentang Terbesar Sedunia Foto: (AP)
Jakarta -

Sebuah kentang raksasa akan menjalani tes DNA sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Guinness World Records. Kentang ini akan diuji, apakah hasil budidaya alami atau rekayasa genetik.

Secara umum, sebuah kentang memiliki berat sekitar 50-200 gram. Tapi ada sebuah kentang raksasa yang memiliki berat 7,9 kilogram. Kentang ini pun didaftarkan untuk bisa memecahkan rekor sebagai kentang terbesar di dunia.


Dilansir dari Daily Record (21/1) kentang raksasa milik Colin Craig Brown ini berpotensi memegang Rekor Dunia Guinness sebagai kentang terbesar di dunia. Namun untuk mendapatkan rekor ini, kentang harus melewati serangkaian tes. Salah satunya tes DNA.

Doug, Kentang Terbesar SeduniaKentang Terbesar Sedunia Foto: (AP)

Colin yang berasal dari Hamilton, Selandia Baru ini memberi nama Doug untuk kentang raksasa miliknya. Kentang ini ditemukan secara tidak sengaja saat Colin dan istrinya, Donna, sedang membersihkan kebun sayur di halaman rumahnya.

Pasangan ini terkejut ketika mendapati sebuah kentang super besar tumbuh di kebun miliknya. Ketika ditimbang, kentang ini memiliki bobot 7,9 kilogram. Saat ini sampel kentang sedang dikirim ke Skotlandia untuk menjalani tes DNA.

Sebelumnya, pada Agustus 2021 lalu Colin dan Donna membaca panduan untuk mendaftar rekor dunia. Mereka membaca persyaratan Guinness World Records yang terdiri dari 128 halaman. Pasangan ini juga sudah mengisi formulir aplikasi online dan mengirimkan rekaman video kentang raksasa miliknya.

Tenyata tak hanya itu, syarat selanjutnya yakni verifikasi dari ahli agronomi untuk memastikan bahwa Doug adalah kentang alami. Tes ini diperlukan sebelum memberikan gelar rekor dunia. Jika kentang ini tidak lolos tes DNA maka gelar rekor dunia pun tak bisa didapatkan.

"Apakah mereka pikir aku memodifikasinya secara genetik?" kata Colin. "Itu membuat saya merasa kesal, emosi saya tidak stabil layaknya rollercoaster," kata Colin.

Colin mengaku kesal lantaran persyaratan yang sangat banyak dan memakan waktu lama. Sementara kentang yang ia miliki, semakin hari semakin kecil ukurannya karena kering.

Doug, Kentang Terbesar SeduniaKentang Terbesar Sedunia Foto: (AP)

Colin dan Donna tak bisa berbuat banyak, ia hanya menunggu pengumuman dari pihak Guinness World Records.

"Dia semakin kecil dan kecil setiap hari. Dia kehilangan cairan dari lubang yang tertusuk garpu kebun," kata Colin. "Dia masih terlihat sama, namun beratnya menjadi lebih ringan."

Saat ini kentang terbesar di dunia dimiliki oleh kentang asal Nottinghamshire yang memiliki berat 4,99 kilogram. Apakah selanjutnya Dug akan berhasil menyabet rekor sebagai kentang terbesar di dunia?



Simak Video "Tips Bikin Kentang Ongklok Keju, Cocok Buat Pelengkap Steak"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com