Siap Masuk Rekor Dunia, Kentang Raksasa Ini Beratnya Hampir 8 Kilogram

Devi Setya - detikFood Senin, 08 Nov 2021 19:00 WIB
Siap Masuk Rekor Dunia, Kentang Raksasa Ini Beratnya Hampir 8 Kilogram Foto: Today
Jakarta -

Kentang satu ini bukan hanya memiliki bentuk unik, tapi juga ukurannya jumbo dengan berat 7,9 kilogram. Kentang ini siap masuk dalam buku rekor dunia.

Satu butir kentang biasanya memiliki bobot beragam, rata-rata beratnya 100-200 gram. Tapi kentang satu ini spesial karena bobotnya mencapai 7,9 kilogram. Sebutir kentang ini pun sukses menarik perhatian banyak orang.

Dilansir dari Today (8/11) kentang dengan bentuk aneh ini disebut juga sebagai kentang jelek terbesar di dunia. Kentang ini ditemukan pasangan petani asal Selandia Baru bernama Colin dan Donna Craig-Brown.

Siap Masuk Rekor Dunia, Kentang Raksasa Ini Beratnya Hampir 8 KilogramSiap Masuk Rekor Dunia, Kentang Raksasa Ini Beratnya Hampir 8 Kilogram Foto: Today

Dua petani ini tidak menyangka akan menemukan kentang raksasa di kebun miliknya. Ketika sedang mencangkul tanah, Colin merasakan sesuatu di dalam tanah yang teksturnya keras. Saat digali, ternyata mereka menemukan kentang ukuran jumbo. Awalnya bahkan mereka mengira kalau kentang ini adalah sebuah jamur raksasa.

Setelah Colin mencabutnya dengan garpu kebun, dia menggaruk sedikit kulitnya dan mencicipinya, ternyata kentang. Donna nyaris tak percaya karena ukuran kentang sangat besar.


Lebih lanjut, Donna mengatakan kalau kentang temuannya ini memiliki bentuk yang tidak bagus. Bahkan ia menyebut kentang ini jelek. Tapi dilihat dari ukurannya, sangat mungkin kentang ini sebagai kentang terbesar yang pernah ada.

Saat ditimbang, kentang memiliki berat 7,9 kilogram. Bobotnya sama seperti sekarung kentang ukuran biasa. Sejak ditemukan pada 30 Agustus 2021, rumah Colin dan Donna tidak pernah sepi dari orang-orang yang berkunjung untuk melihat kentang jumbo.

Saking populernya, kentang ini kemudian diberi nama Doug.

"Kami mengenakan topi padanya. Kami mengunggah fotonya di Facebook, mengajaknya jalan-jalan, memberinya sinar matahari," kata Colin. "Semuanya sedikit menyenangkan. Sungguh menakjubkan, kentang yang menghibur orang."

Guinness World Records saat ini mencatat kentang terberat di dunia pernah ditemukan di Inggris pada tahun 2011. Kentang ini memiliki bobot hampir 5 kilogram. Tentu sangat jauh dibandingkan Doug, si kentang dengan berat 7,9 kilogram.

Colin sendiri sudah mengirim surat pada Guiness World Record agar kentang mereka bisa dicatatkan dalam buku rekor dunia. Namun hal ini belum mendapat jawaban.

Siap Masuk Rekor Dunia, Kentang Raksasa Ini Beratnya Hampir 8 KilogramSiap Masuk Rekor Dunia, Kentang Raksasa Ini Beratnya Hampir 8 Kilogram Foto: Today

Colin menjelaskan, dia tidak memiliki tips berkebun khusus. Biasanya mereka membuang seikat kotoran sapi dan jerami ke kebun mereka sebagai pupuk alami. Untuk kentang raksasa ini, Colin memperkirakan kalau kentang ini sudah tumbuh selama beberapa tahun.

"Ini misteri bagi saya," kata Colin. "Ini salah satu kejutan kecil yang menyenangkan dari alam."

Karena sudah disimpan agak lama, kentang ini mulai kering dan berjamur. Jika dibiarkan lebih lama lagi, kemungkinan kentang akan membusuk secara perlahan. Oleh karenanya Colin menyimpan kentang ini dalam freezer.



Simak Video "Tips Bikin Kentang Ongklok Keju, Cocok Buat Pelengkap Steak"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com