Begini Cara Bersihkan Strawberry yang Praktis dan Gampang

ADVERTISEMENT

Begini Cara Bersihkan Strawberry yang Praktis dan Gampang

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 17 Jan 2022 17:07 WIB
Cara Bersihkan Strawberry yang Praktis
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Buah strawberry yang segar harus dicuci terlebih dahulu sebelum dimakan. Agar bakteri dan sisa pestisida hilang, bisa dibersihkan dengan garam dan air cuka.

Strawberry merupakan buah segar yang rasanya asam manis. Buah strawberry mengandung vitamin C sebanyak 58,8 miligram per 100 gram, seperti dikutip dari USDA.

Kandungan vitamin C pada strawberry bisa memberikan efek yang menyehatkan tubuh. Di antaranya dalam menjaga imunitas tubuh, kecantikan kulit, hingga menurunkan berat badan.

Selain dimakan langsung atau dijadikan jus, strawberry banyak diolah menjadi dessert. Seperti es krim, sorbet, topping cake, dan lainnya.

Baca Juga: Eks Chef Hotel Bintang 5 Jualan Nasi Dagang di Pinggir Jalan, Ludes dalam 2 Jam!

Dilansir dari Insider (15/1), strawberry wajib dibersihkan terlebih dahulu sebelum disantap. Perlu diketahui kalau strawberry menempati peringkat pertama sebagai makanan jorok teratas yang dirilis oleh Environmental Working Group (EWG) setiap tahunnya. Karena strawberry mengandung pestisida yang lebih tinggi daripada buah dan sayuran lainnya.

"Kebanyakan orang tidak menyadari kalau strawberry memiliki kemampuan daya serap seperti spons yang artinya bauh ini dapat mudah menyerap pestisida dan bakteri," kata Andrea Mathis selaku ahli gizi.

"Untuk menghindari salah satu komponen yang berpotensi membahayakan ini, sangat penting untuk mencuci strawberry sebelum dikonsumsi," lanjutnya.

Cara membersihkan strawberry tak hanya dibilas dengan air mengalir saja, tapi juga harus direndam dengan larutan cuka atau garam. Agar terbebas dari kotoran, pestisida, dan bakteri yang menempel pada buah strawberry.

Baca Juga: Cara Baru Makan Indomie Goreng, Digoreng Garing Pakai Telur

Gunakan Air Cuka

Cara Bersihkan Strawberry yang PraktisCara Bersihkan Strawberry Pakai Air Cuka Foto: Getty Images/iStockphoto

Air cuka tak hanya digunakan untuk memasak, tapi juga bisa membersihkan kotoran. Banyak digunakan untuk membersihkan peralatan dapur yang berkerak. Air cuka juga bisa membersihkan strawberry secara menyeluruh.

Menurut Mathis, proses membersihkan strawberry dengan air cuka tak boleh terlalu lama. Hanya membutuhkan waktu sekitar 4 menit saja.

Caranya siapkan 2 wadah berisikan air cuka dan air dingin. Setelah itu rendam strawberry di dalam air cuka sekitar 5 menit. Kemudian bilas dalam wadah berisikan air dingin.

Setelah dicuci dengan air cuka, keringkan strawberry dengan menepuknya perlahan menggunakan tisu dapur. Strawberry yang telah dibilas tak akan memiliki rasa cuka, jadi jangan khawatir akan jadi asam.



Simak Video "Masak Masak: Resep Selai Stroberi Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT