Wanita Ini Rutin Beri Gula Sebagai Pakan Semut Agar Dapat Berkah

Riska Fitria - detikFood Minggu, 16 Jan 2022 13:30 WIB
Memberi makan semut Foto: TikTok @deakaltim
Jakarta -

Wanita ini rutin menaruh gula pada wadah untuk memberi makan semut. Amalan tersebut juga bisa mendatangkan pahala dan rezeki.

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala. Salah satunya dengan bersedekah, bahkan dengan bersedekah bukan hanya pahala saja yang didapat, tetapi juga rezeki tambahan dari Allah SWT.

Bersedekah pun tidak melulu pada manusia, bisa juga dengan makhluk hidup lain seperti semut misalnya. Hal itulah yang rutin dilakukan oleh wanita bernama Dea asal Kalimantan Timur.

Melalui video TikToknya @deaa_888 (10/01/21) wanita tersebut sering memberi makan semut. Caranya adalah dengan menaruh gula pasir di wadah, seperti piring misalnya.

Baca Juga: 10 Aksi Kebaikan Orang yang Memberi Makan Hewan Liar Selama Lockdown

Memberi makan semutWanita ini rutin memberi makan semut dengan menyiapkan gula di dalam wadah Foto: TikTok @deakaltim

Kemudian wadah tersebut ditaruh di spot-spot tertentu. Dengan begitu, nanti para semut akan menghampiri wadah berisi gula pasir dan memakan gula-gula tersebut.

Ia percaya bahwa dengan memberi makan semut bisa mendatangkan keberkahan. "Biarkan menabur gula tiap hari memberi makan semut, karena doa dan zikir semut tidak pernah putus," tulisnya dalam caption video yang telah dikonfirmasi detikFood (16/01/21).

Ternyata, banyak netizen yang juga rutin menerapkan amalan bersedekah kepada semut. Hal tersebut juga diungkap oleh netizen melalui kolom komentar.

"Bener banget mbak, aku tiap pagi naburin gula di belakang rumah buat semut dan aku selalu bilang semut doakan aku segera hamil ya. Alhamdulillah sekarang aku hamil," tulis netizen.

Baca Juga: Mulia! Wanita Ini Habiskan Rp10 Juta Demi Beri Makan 60 Anjing Jalanan

Memberi makan semutMemberi makan semut bisa mendatangkan keberkahan seperti pahala dan rezeki tambahan dari Allah SWT Ilustrasi Foto: TikTok @deakaltim

"Sama kayak almarhum abah saya. Dulu kalau jualan selalu menabur gula untuk semut hitam karena katanya semut hitam itu pembawa rezeki," tulis netizen lainnya.

Amalan tersebut pernah disampaikan oleh almarhum Syekh Ali Jaber dalam dakwahnya yang diunggah di channel YouTube Safira Media (03/01/21). Beliau mengatakan bahwa ada satu hewan yang bila ditolong memberikan banyak manfaat.

Manfaat tersebut bisa dirasakan di dunia dan juga di akhirat kelak. Karenanya, alm Syekh Ali Jaber menyarankan untuk memberi makan kepada semut setiap pagi, walau setetes gula.

Menurut ulama asal Madina tersebut, dengan memberi makan semut berarti telah membantu hewan itu untuk selalu berzikir kepada Allah SWT.

"Ketika Allah SWT balik menyebut nama orang yang memberi makan hewan tersebut, maka otomatis ridho-Nya akan datang," ujar alm Syekh Ali Jaber.

Baca Juga: Beli Ayam Goreng Buat Kucing Jalanan yang Makan Justru Bapak-bapak



Simak Video "Sarapan dengan Nasi Cawuk di Banyuwangi, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com