ADVERTISEMENT

Ini 5 Empal Gentong Legendaris di Cirebon yang Terkenal Nikmat

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 16 Jan 2022 12:00 WIB
empal gentong
Foto: Detikfood
Jakarta -

Kuliner khas Cirebon yang paling populer adalah empal gentong. Ada 5 tempat legendaris yang layak kamu kunjungi untuk mencicipi kenikmatan empal gentong.

Empal gentong merupakan makanan khas Cirebon yang terbuat dari irisan daging sapi dan kuah santan nikmat. Tak hanya potongan daging saja, empal gentong juga berisi kucai yang membuat aromanya makin sedap.

Saat memasuki kota Cirebon, Jawa Barat kamu akan mudah menemukan rumah makan yang menawarkan empal gentong. Dari sekian banyak tempat, ada 5 yang legendaris dan paling tersohor di Cirebon. Mulai dari Empal Gentong H. Apud hingga Empal Gentong Amarta.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Legendaris di Jakarta yang Masih Terkenal hingga Sekarang

Berikut rekomendasi 5 empal gentong legendaris di Cirebon yang terkenal nikmat:

1. Empal Gentong H. Apud

Empal Gentong Paling Terkenal Nikmat di CirebonEmpal Gentong H. Apud yang paling ramai di Cirebon Foto: Instagram @empalgentonghajiapud

Pencinta empal gentong mungkin sudah tak asing lagi dengan rumah makan satu ini. Namanya Empal Gentong H. Apud yang berdiri sejak tahun 1994.

Rumah makan ini sudah mendapat 12 ribu ulasan di Google Review. Empal Gentong H. Apud selalu ramai dikunjungi pelanggan setiap harinya. Tak hanya warga setempat, tapi juga wisatawa dari luar daerah.

Menu andalannya sudah pasti empal gentong yang seporsinya dijual Rp 23.000. Kuah santan bercita rasa gurih nagih ditambah potongan daging (empal) yang empuk sangat memanjakan lidah para penikmatnya. Kalau ingin yang asam segar, kamu bisa mencoba empal asem di sini.

2. Empal Gentong Krucuk

Menu empal gentong legendaris yang tak kalah tersohor adalah Empal Gentong Krucuk. Rumah makan ini sudah memiliki dua cabang yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Ir. H. Juanda.

Rumah makan Empal Gentong Krucuk berdiri tahun 1990-an yang artinya sudah berusia sekitar 30 tahun. Seporsi empal gentong di sini sangatlah nikmat, potongan daging yang digunakan besar dan empuk teksturnya.

Kuah santan kuning bercita rasa gurih ditambah aroma sedap dari kucai dan air jeruk nipis yang dikucurkan untuk menikmati empal gentong. Kalau ingin menikmatinya, seporsi empal gentong dibanderol harga Rp 23.000.

Baca Juga: Bergaya Angkuh saat Nongkrong di Kafe Mahal, Wanita Ini Disindir Crazy Rich Surabaya



Simak Video "Bikin Laper: Empal Gentong Khas Cirebon yang Nggak Pelit Daging"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT