Rekomendasi Tempat Makan

5 Tempat Makan Legendaris di Jakarta yang Masih Terkenal hingga Sekarang

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 14 Jan 2022 19:00 WIB
Sedapnya Nasi Uduk Kebon Kacang Legendaris Racikan Kedai Zainal Fanani
Foto: detikfood
Jakarta -

Viral di Twitter, ada beberapa rekomendasi kuliner legendaris di sekitar Jakarta. Masih eksis dan digemari hingga sekarang meski sudah berusia puluhan tahun lalu.

Membicarakan tempat makan legendaris di Jakarta, setiap orang pasti memiliki tempat makan kesukaan. Dari sekian banyak tempat makan legendaris yang masih eksis hingga sekarang di Jakarta, ada beberapa tempat makan yang popularitasnya tetap tinggi sejak puluhan tahun lalu.

Seperti yang dilampirkan oleh Twitter @txtdrjkt, yang membahas tentang serba-serbi kota Jakarta. Mereka membagikan kuliner legendaris di Jakarta yang wajib dicoba.

Dari Es Krim Ragusa Italia yang usianya sudah mencapai 90 tahun. Sampai Ketan Susu Kemayoran, yang selalu jadi tempat nongkrong di malam hari sejak tahun 1958.

Berikut lima tempat makan legendaris di Jakarta yang wajib dicoba sekarang.

Baca Juga: Ada Bomboloni hingga Soto Betawi Legendaris di Broadway Alam Sutera" selengkapnya


1. Bakmi Gang Kelinci

MieHaw : Berbuka Puasa dengan Bakmi Halal dan Bakso Goreng RenyahIlustrasi Bakmi Gang Kelinci yang Legendaris. Foto: detikFood

Sudah ada sejak 1957, Bakmi Gang Kelinci masih mempertahankan eksistensinya hingga saat ini. Terhitung sudah 62 tahun usia restoran ini. Dengan menu andalannya yaitu bakmi, restoran tempo doeloe ini masih menjadi magnet bagi para pecinta Bakmi dengan rasa yang otentik.

Berlokasi di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Bakmi Gang Kelinci menawarkan berbagai olahan seperti bakmi ayam jamur, bakmi ayam lebar, i fue mie, hingga dimsum yang tak kalah nikmat.

Orang-oeang tak perlu susah mencarinya karena restoran tempo doeloe ini sangat mudah ditemukan. Lokasinya berada di Pasar Baru. Plang yang tertera pun akan membuat orang-orang mudah menemukan tempat satu ini, atau pengunjung bisa bertanya langsung dengan para pedagang yang berjual di kawasan Pasar Baru ini.

2. Kopi Es Tak Kie

Bagi para penggemar kopi pasti sudah tidak asing dengan kedai Kopi Es Tak Kie yang ada di wilayah Glodok, Jakarta Barat. Kedai kopi legendaris ini sudah buka sejak tahun 1927 dan masih ramai hingga sekarang.

Selama lebih dari 23 tahun menu yang ditawarkan tak pernah berubah. Yaitu es kopi susu dengan cita rasa tempo dulu. Kopi yang digunakan merupakan campuran dari Robusta dan Arabika, ada juga biji kopi dari Toraja dan Sidikalang.

Untuk rasa es kopinya cukup manis, dingin dan menyegarkan. Kisaran harganya juga masih terjangkau sekitar Rp 11.000 saja per gelas. Selain ngopi di sini juga punya berbagai menu makanan tak kalah populer seperti bakmi ayam, nasi campur sampai nasi tim. Kedai ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 2 siang.

3. Ketan Susu Kemayoran

Menyebut ketan susu enak tak bisa meninggalkan racikan Ketan Susu Kemayoran. Kelezatan ketan susu di sini sudah tersohor bahkan pernah dinikmati Anies Baswedan. Racikan ketan susunya sederhana karena dinikmati bersama tempe goreng.

Selain itu tempat makan ketan ini terbilang legendaris. Karena sudah berdiri sejak tahun 1958, tetap dengan ciri khasnya yaitu ketan susu dan tempe gorengnya.

Banyak orang menyukai paduan ketan susu manis dengan sentuhan gurih parutan kelapa dan tempe goreng. Selain tempe, gorengan lain yang tersedia adalah pisang dan singkong. Biasanya pengunjung menikmati ketan susu bersama teh poci yang manis dan legit. Seporsi ketan susu dibanderol Rp 3.500 saja.



Simak Video "Bikin Laper: Mie Ayam Legendaris, Puluhan Tahun Jualan di Bawah Pohon"
[Gambas:Video 20detik]