ADVERTISEMENT

Tempat Makan Legendaris Masih Eksis

Tak Lekang Zaman, Banyak Restoran Legendaris Bertahan Puluhan Tahun karena Kualitasnya

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 30 Nov 2021 10:30 WIB
Klasik! Ini Braga Permai, Restoran Era Kolonial Belanda di Bandung
Foto: Dok. Braga Permai
Jakarta -

Berdiri sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu, banyak restoran yang masih eksis dan diminati hingga sekarang. Tentunya dengan konsistensi rasa makanan yang tak berubah.

Hampir di setiap kota bahkan daerah di Indonesia, berjejer tempat makan, warung kopi sampai restoran klasik yang legendaris dan sudah terkenal sejak dulu.

Setiap tempat makan legendaris ini meski berbeda menu makanannya tapi memiliki satu kesamaan. Tetap eksis dan ramai meski sudah berdiri sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu.

Baca Juga: Banyak Tempat Makan yang Konsisten Menjaga Kelezatan Makanannya Selama Puluhan Tahun" selengkapnya

Tak sulit menemukan restoran atau penjual makanan legendaris di Indonesia. Menurut Ravi Wazir, selaku konsultan bisnis di industri makanan di dunia, ia menyebutkan ada beberapa hal yang jadi indikator restoran legendaris.

Toko OenToko Oen Foto: Dokumentasi Toko Oen/Istimewa

"Ketika membicarakan restoran legendaris, menurut saya salah satu indikatornya adalah restoran-restoran ini berdedikasi tinggi untuk menyajikan makanan dengan konsistensi dan kualitas rasa yang sama selama puluhan tahun. Mereka juga selalu berkembang mengikuti zaman meski harus mengalami pasang surut," ungkapnya seperti dilansir dari situs Raviwazir (29/11).

"Tidak ada yang pernah mengatakan untuk mendapatkan label 'legendaris' merupakan hal yang mudah. Butuh waktu mulai dari tahunan sampai beberapa dekade, untuk mendapatkan gelar legendaris," sambung Ravi.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya restoran yang menyabet gelar legendaris di Indonesia, rata-rata sudah buka 30 tahun lebih dan masih beratahan hingga sekarang.

Seperti Toko Oen contohnya, toko dan restoran yang ada di Semarang dan Malang ini pertama kali buka di tahun 1936. Menyajikan hidangan khas kolonial dengan aneka kue kering, Toko Oen berhasil jadi restoran legendaris yang jadi ikon kuliner klasik di Indonesia.

Begitu juga dengan restoran Wong Fu Kie di Jakarta Barat. Restoran legendaris ini menyabet gelar restoran Hakka tertua di Indonesia yang sudah ada sejak 96 tahun lalu.

Restoran TrioRestoran Trio Foto: dok. detikFood

Ada juga Kikugawa restoran Jepang tertua di Indonesia, yang kembali viral dan diminati kalangan millenial setelah restoran yang berdiri dari tahun 1969 ini masuk TikTok dan Instagram.

Selain restoran dan tempat makan jadul. Label legendaris ini juga bisa ditemukan di penjual kaki lima, yang masih setia berjualan dengan gerobak atau tenda sederhana di pinggir jalan meskipun pelanggan setianya sudah banyak.

Salah satunya seperti Mie Asep, yang berjualan lebih dari 61 tahun di daerah Penjaringan. Meski menyajikan menu sederhana seperti mie atau nasi goreng, tapi Asep tak pernah mengganti resep atau metode masaknya yang masih menggunakan kayu bakar.

Atau konsistensi aneka toko roti atau bakery jadul yang usianya mencapai ratusan tahun. Seperti Toko Roti Go yang usianya menginjak 123 tahun, sampai tokok kue Maison Weiner yang masih diminati banyak orang sejak tahun 1936.

7 Bakery Jadul di Jakarta7 Bakery Jadul di Jakarta Foto: Twitter @meerkatchorom & @bang_ono, anak jajan, klasiloka

Di ulasan kali ini detikFood akan membahas tuntas seputar kuliner legendaris yang hits di Indonesia. Mulai dari kuliner legendaris kelas restoran, kedai kopi, bakmi legendaris sampai toko es krim jadul yang jadi ikon kuliner kekinian.

Untuk itu pantau terus detikfood. Ada artikel dan rekomendasi tempat makan legendaris yang menarik. Bernostalgia sambil makan enak!

Baca Juga: Menikmati Hidangan Kanton Autentik dari Resto Legendaris di Jakarta" selengkapnya



Simak Video "Intip 5 Rekomendasi Tempat Kencan Valentine Romantis!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT