Cara Memasak Pasta Agar Tidak Lengket, Ikuti Tips Para Chef Ini!

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 09 Jan 2022 09:00 WIB
Cara Merebus Pasta Agar Tidak Lengket Menurut Chef Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kalau kamu sering memasak pasta dan menjadi lengket, artinya ada yang salah dengan cara memasaknya. Ikuti tips chef ini agar pasta mulus.

Pasta merupakan makanan khas Italia yang populer di dunia. Jenisnya mencapai ratusan. Yang populer ada spaghetti, fettuccine, liguine, tortelini, dan lainnya. Biasanya diolah menggunakan minyak zaitun, saus tomat, hingga saus susu.

Sebenarnya cara memasak pasta sangat mudah, namun kalau dilakukan dengan cara yang tepat. Ada beberapa tips memasak pasta yang bisa kamu ikuti agar hasilnya al dente dan tidak lengket.

Pasta yang menempel di panci akan membuat porsi menjadi lebih sedikit, selain itu juga membuat panci sulit dibersihkan. Tak hanya menempel di panci, biasanya pasta juga akan menempel dengan pasta lainnya hingga menggumpal yang menyulitkan proses mengolahnya bersama saus.

Cara Merebus Pasta Agar Tidak Lengket Menurut ChefCara Merebus Pasta Agar Tidak Lengket Menurut Chef Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Sakit Perut Usai Minum Kopi? Inilah Penyebabnya

Dilansir dari Mashed (5/1), beberapa chef yang aktif di media sosial seperti Ina Garten dan Rachel Ray memberikan saran untuk menambahkan minyak zaitun saat merebus pasta. Namun, ada juga chef yang tidak menyarangkan hal tersebut.

Seperti chef Lorenzo Boni di Barilla yang tidak menyetujui metode tersebut. "Pasta berminyak akan lebih sulit untuk menyatu dengan sausnya, dan minyak itu akan ditiriskan," ujar Lorenzo Boni.

Chef Lorenzo Boni menjelaskan cara memasak pasta yang selalu ia lakukan di restoran agar pasta tersebut tidak lengket. Ia menyarankan untuk membeli pasta berkualitas baik dengan memilih yang terbuat dari gandum durum karena dapat mengurangi jumlah pasti yang dilepaskan ke dalam air.

Selain itu, chef Lorenzo Boni juga selalu merebus pasta dengan banyak air. Ia juga menegaskan kalau air tersebut harus dimasak terlebih dahulu sampai mendidih, barulah pasta dimasukkan.

Baca Juga: Ini 5 Lalapan Penurun Kolesterol yang Murah Meriah

Cara Merebus Pasta Agar Tidak Lengket Menurut ChefCara Merebus Pasta Agar Tidak Lengket Menurut Chef Foto: Getty Images/iStockphoto

Menurutnya, jika air mendidih pasta bisa dimasak dengan tingkat kematangan yang sama dan kecil kemungkinannya untuk menempel satu dengan yang lainnya atau bahkan di panci. Pastikan juga airnya menutupi seluruh permukaan pasta.

Cara lainnya agar pasta tidak menggumpal dan menempel yaitu dengan tidak membiarkannya terlalu lama di saringan. Sebaiknya masak saus untuk pasta saat kondisinya masih setengah matang. Karenanya ketika pasta matang dan saus sudah siap, bisa langsung dicampurkan.

"Harus cepat dan jangan pernah membiarkan pasta di saringan untuk menunggu saus siap. Seharusnya sebaliknya. Saus harus sudah siap sebelum pasta matang, sehingga bisa langsung dicampurkan," jelas chef Boni.

Baca Juga: Resep Nasi Liwet Sunda yang Pulen Wangi Untuk Makan Bareng Keluarga



Simak Video "'Pasta Padang', Ketika Bumbu Minang Kawin dengan Pasta Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com