Ini 5 Lalapan Penurun Kolesterol yang Murah Meriah

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 08 Jan 2022 07:00 WIB
Lalapan Foto: iStock
Jakarta -

Beragam sayuran mentah kerap dikonsumsi sebagai lalapan. Seperti mentimun, kemangi, hingga terong bulat yang berkhasiat menurunkan kolesterol tinggi.

Lalapan merupakan sayuran mentah yang biasanya dikonsumsi bersama lauk dan sambal yang pedas menggugah selera. Ada beragam sayuran mentah populer untuk lalapan, seperti kol, mentimun, kemangi, hingga terong bulat.

Dilansir dari berbagai sumber seperti Health Line dan Ecowatch, lalapan itu tak hanya membuat momen bersantap makin nikmat, tapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Apalagi sayuran yang dikonsumsi sebagai lalapan ditawarkan dengan harga murah dan banyak ditemui pada penjual sayuran keliling.

Baca Juga: Kreatif! 10 Penjual Makanan Ini Dagang Pakai Cara Canggih

Berikut 5 lalapan yang ampuh menurunkan kadar kolesterol tinggi.

1. Kubis

cabbage and cutted cabbage on woodenkol dapat menurunkan kolesterol Foto: Getty Images/iStockphoto/showcake

Kubis atau kol biasa dikonsumsi sebagai lalapan dan paling nikmat dicocol ke sambal terasi yang pedas sedap. Menyantapnya bersama nasi hangat dan ayam goreng atau ikan asin dapat memuaskan selera.

Ternyata kol juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang salah satunya dapat menurunkan kolesterol tinggi. Di dalamnya mengandung zat bernama phytosterol yang dapat mengurangi kolesterol LDL dengan cara menghalangi penyerapannya di saluran pencernaan.

Belakangan banyak sekali lalapan berupa kubis goreng. Namun kalau ingin mendapatkan manfaatnya, sebaiknya mengonsumsi kol dalam kondisi mentah.

2. Mentimun

Timun Jadi Rahasia Kecantikan Aisyah, Istri Rasulullah SAWmentimun, lalapan yang dapat turunkan kolesterol Foto: iStock

Mentimun juga umum dikonsumsi sebagai lalapan. Hampir di setiap makanan yang diolah dengan cara digoreng serta menggunakan sambal, pasti menyediakan lalapan mentimun.

Biasanya mentimun tinggal diiris menyerong atau dipotong agak memanjang. Untuk menikmatinya, tinggal dicocol dengan sambal terasi atau jenis sambal lainnya sesuai selera.

Mentimun memiliki kandungan phytosterols yang memang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi. Kalau sedang merasakan efek dari kolesterol tinggi, maka konsumsilah dalam porsi yang banyak.

Baca Juga: Meski Melezatkan, 5 Bumbu Masakan Ini Haram Dikonsumsi Umat Muslim

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jus Tamarillo Khas Mamasa yang Segar dan Kaya Manfaat"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com