Cara Membuat Pancake Sederhana dan Fluffy untuk Sarapan, Ini 5 Tipsnya!

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 06 Jan 2022 08:00 WIB
Cara Membuat Pancake Fluffy dan Sederhana Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Pancake bisa dijadikan menu sarapan ala barat. Kalau ingin membuatnya sendiri, ikuti cara membuat pancake yang sederhana dan fluffy.

Pancake merupakan kue yang terbuat dari adonan tepung terigu, susu, dan telur. Sebenarnya pancake merupakan hidangan praktis, karena bahannya mudah didapatkan dan cara membuatnya sederhana. Dimasak di atas wajan anti lengket, kemudian disajikan dengan sirup maple serta buah-buahan.

Agar hasilnya maksimal dan fluffy yang nikmat, tips dan cara membuat pancake perlu diperhatikan. Dilansir dari Food NDTV (3/1), tips yang dibagikan seputar mengocok telur untuk campuran adonan pancake hingga proses membalik pancake.

Baca Juga: Uenak Poll! Bakso Malang Racikan Cak Man yang Kondang Sejak 1980

Berikut cara membuat pancake sederhana dan fluffy.

1. Jangan terlalu lama mengaduk adonan

Cara Membuat Pancake Fluffy dan SederhanaCara Membuat Pancake Fluffy dan Sederhana Foto: Getty Images/iStockphoto/

Saat membuat adonan pancake, pastikan kalau konsistensinya tepat. Karena hal itulah yang akan membuat pancake dapat mengembang sempurna. Saat mengaduk adonan juga sebaiknya jangan terlalu kuat dan lama.

Aduk adonan secara merata, namun sebentar saja. Karena, adonan yang diaduk terlalu lama dan berlebihan gluten tepung terigu akan mengembang dan membuat adonan keras. Selain itu tidak menyisakan ruang untuk gelembung udara dan hasilnya pancake tidak mengembang sempurna.

2. Istirahatkan adonan

Sebelum dipanaskan di atas wajan anti lengket, sebaiknya istirahatkan adonan pancake terlebih dahulu. Para baker menyarankan hal tersebut, karena idealnya adonan pancake harus dibiarkan semalaman untuk diistirahatkan. Jika tak memakai bahan pengembang.

Sebelum dimasak, ninimal istirahatkanadonan pancake selama 30 menit. Saat mendiamkan adonan, kamu bisa menambahkan baking powder agar adonan berpori-pori dan mengembang saat dimasak.

Baca Juga: Resep Pancake Lembut Fluffy dan Tips Membuatnya untuk Sarapan

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Antre 2 Jam Demi Pancake Jepang Pinggir Jalan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com