Satu Makanan Berjuta Nama, Bakwan Goreng Punya Banyak Sebutan

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 04 Jan 2022 11:00 WIB
Gorengan Bakwan. Tasty Deep Fried Traditional Food From Indonesia Foto: Getty Images/iStockphoto/ridzky setiaji
Jakarta -

Digemari berjuta umat di Indonesia, bakwan goreng ternyata memiliki banyak nama sebutan yang berbeda di setiap daerah. Apa saja?

Disebut sebagai makanan yang memiliki jutaan nama. Bakwan goreng ini merupakan kudapan atau gorengan yang paling mudah ditemukan di mana-mana.

Tampilan dan adonan bakwan goreng ini juga hampir sama. Meski namanya berbeda-beda. Bahan-bahan yang digunakan juga sama, seperti tepung terigu, irisan kol dan wortel, daun bawang sampai tambahan udang di beberapa daerah.

Hal ini lah yang membuat beberapa netizen kompak membagikan nama panggilan dari bakwan goreng di tempat tinggal mereka. Dilansir dari FFess (03/01), beberapa pengguna Twitter menyebut bahwa nama bakwan goreng memang paling populer di Jakarta, tapi tidak di daerah lain.

Baca Juga: 10 Nama Makanan Terkenal Ini Ternyata Diambil dari Nama Orang" selengkapnya

Bakwan jagung, corn frittersBakwan jagung, corn fritters Foto: Getty Images/iStockphoto/AmalliaEka

"Kalau di rumah mama namanya Weci," tulis @young**. Weci sendiri merupakan nama lain dari bakwan goreng yang digunakan oleh orang-orang di Jawa Timur.

Selain weci, nama panggilan bakwan goreng yang terkenal ada ote-ote. Populer di daerah Surabaya, Porong hingga Sidoarjo. Biasanya bakwan diolah dengan adonan tepung terigu, tauge dan campuran udang.

"Kalau di kantin sekolah nama makanan ini malah disebutnya pia-pia," tulis @tang**.

Berbeda dengan daerah Surabaya dan sekitarnya lebih familiar dengan nama ote-ote. Kalau di daerah Pati, Jawa Tengah, disebutnya pia-pia.

"Aku kalau di rumah nyebutnya bakwan. Tapi di tempat kuliah namanya bala-bala," kenang @rir**. Tentunya sebutan bala-bala ini merupakan sebutan bakwan di daerah Jawa Barat. Isiannya lebih dominan sayur kol dan tambahan wortel, tanpa tambahan telur di tepungnya.

Bakwan Udang RenyahBakwan Udang Renyah Foto: iStock

Ada juga nama panggilan aneh untuk bakwan goreng. Seperti menurut @cic***, yang mengatakan bahwa orang-orang Banyuwangi justru menyebut kudapan ini dengan nama Hongkong.

"Gak mesti di Banyuwangi. Orang-orang di Jember juga nyebut jajanan ini pakai nama Hongkong," sahut @tawo**.

Melipir sedikit ke arah Pekalongan hingga Semarang, nama bakwan sudah berubah menjadi Badak. Ada juga orang-orang di Manado dan Kupang yang lebih familiar dengan nama Macau atau Makau untuk makanan yang satu ini.

Terlepas dari ratusan nama panggilan dari kudapan ini. Tapi semua orang setuju bakwan goreng dengan sayuran jadi camilan favorit yang tak terlupakan bagi mereka. Apalagi saat dimakan hangat.

Baca Juga: Buat Makan Keluarga, Ada Nasi Liwet dan Kepiting Lada Hitam di Daun Kelapa" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Nyobain Bakwan ala Coffee Shop Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com