Cara Menggoreng Ikan Selar yang Garing dan Tidak Hancur

Odilia WS - detikFood Rabu, 05 Jan 2022 10:00 WIB
Cara Menggoreng Ikan Selar Foto: iStock
Jakarta -

Menggoreng ikan mungil seperti ikan selar perlu trik tersendiri. Agar hasil gorengan daging ikan tidak hancur berantakan tetapi garing renyah.

Ikan selar merupakan jenis ikan laut favorit banyak ibu. Karena harganya murah dan rasanya gurih enak. Bahkan jika benar menggorengnya ikan ini sangat renyah gurih. Nyaris seleuh bagian, dari kepala hingga ekornya bisa dimakan.

Karena ukurannya mini atau kecil, menggoreng ikan selar perlu trik. Terutama agar ikan bisa garing kering seluruhnya, tetapi tidak jadi keras dan tetap gurih enak dimakan.

Beberapa hal ini perlu diperhatikan kalau kamu ingin menggoreng ikan selar yang tetap mulus, kering dan renyah gurih rasanya.

1. Memilih ikan selar segar

Meskipun mungil dan murah, ikan selar harus segar. Matanya bening, kulitnya masih mengilap dan dagingnya tidak lembek berair. Ikan ukuran kecil memang gampang membusuk. Karena itu pilih yang benar-benar segar.

Ukuran ikan selar memang kecil, ada baiknya pilih yang ukurannya hampir sama agar ikan bisa matang dan kering bersamaan. Pilih yang tidak terlalu kecil atau mungil agar masih bisa dinikmati dagingnya.

Cara Menggoreng Ikan SelarCara Menggoreng Ikan Selar Foto: iStock

2. Bumbui ikan selar

Sebelum digoreng ada baiknya siapkan bumbunya. Berupa bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, sedikit jahe, kunyit, ketumbar dan garam. Jika ingin praktis bisa dipakai bumbu ikan goreng kuning kemasan.

Kerat-kerat sedikit saja, jangan terlalu dalam keratannya karena daging ikan tipis dan mudah patah tulangnya. Selanjutnya lumuri ikan dengan bumbu halus hingga rata. Diamkan selama 15-30 menit. Sesuaikan jumlah bumbu dengan jumlah ikannya.

Bagaimana menggoreng ikan selar agar tidak mudah hancur dagingnya? Lihat halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com