Tren Kuliner 2022

Serba-serbi Prediksi Makanan hingga Minuman yang Bakal Ngehits Tahun 2022

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 04 Jan 2022 17:00 WIB
Prediksi Tren Kuliner 2022 Foto: Getty Images/RyanJLane
FOKUS BERITA Tren Kuliner 2022
Jakarta -

Memasuki tahun 2022, tren kuliner juga diprediksi berubah dan berkembang. Walaupun tak sepenuhnya meninggalkan tren kuliner di tahun 2021, para pakar kuliner memiliki pandangan tambahan.

Memasuki tahun baru, banyak aspek juga menjadi lebih baru dan lebih segar. Bukan hanya fashion dan teknologi, tren kuliner juga tidak lepas dari pembaharuan setiap tahunnya.

Kuliner di Indonesia termasuk salah satu yang memiliki perkembangan cukup cepat. Adanya budaya kuliner dari luar negeri juga menjadi salah satu pengaruh berkembangnya hidangan-hidangan di Indonesia.

Film hingga musik bahkan bisa menjadi faktor yang memungkinkan sebuah tren kuliner populer hingga ke berbagai negara. Berkaca dari tren kuliner pada tahun-tahun sebelumnya, banyak pakar dan pengamat kuliner yang memprediksi tren kuliner di tahun 2022.

Baca juga: Asnawi Mangkualam Curhat Pernah Tak Sengaja Makan Babi di Korea

Prediksi Tren Kuliner 2022Prediksi Tren Kuliner 2022 Foto: Getty Images/RyanJLane

Sebagai seorang yang ahli di bidang pastry, chef Devi Tandri menilai tak banyak yang berubah hanya saja akan bermunculan kreasi dan inovasi baru pada tren kuliner 2022. Masih tidak jauh-jauh dari makanan-makanan hybrid atau penggabungan dua makanan menjadi satu, chef Devi Tandri memprediksi makanan seperti croffle dan hidangan hybrid lainnya masih berjaya.

"Sebenarnya tren kuliner itu nggak akan berbeda jauh. Seperti tahun 2021 itu kan makanan dari Korea ya yang populer, seperti croffle yang gabungan dari croissant dan waffle. Kedepannya mungkin makanan-makanan hybrid seperti itu yang masih akan terus diminati," kata chef Devi Tandri saat ditemui detikcom (20/12).

Bukan hanya makanan hybrid, chef Devi Tandri juga mengakui bahwa minat orang Indonesia terhadap makanan sehat bakal semakin tinggi. Banyak sekali masyarakat yang kini lebih sadar akan hidup sehat sehingga banyak sekali orang-orang yang mulai menyortir dan memilih makanan untuk dikonsumsi.

"Selain itu karena masih dalam pandemi ini, mungkin orang-orang juga akan lebih sadar akan kesehatan. Terlihat sekali dari pemilihan makanan dan semakin banyak juga yang melakukan diet khusus seperti vegan atau vegetarian. Kami (tim Exquise Patisserie) juga sudah menyiapkan beberapa hidangan kue-kue yang vegan friendly," kata chef Devi.

Baca juga: 6 Makanan Terbaik Setelah Olahraga Agar Pembakaran Kalori Lebih Efektif

Prediksi Tren Kuliner 2022Prediksi Tren Kuliner 2022 Foto: Getty Images/RyanJLane

Tidak hanya chef Devi Tandri, ahli kuliner lainnya juga memberikan pandangan mereka terkait prediksi tren kuliner 2022. Chef asal Argentina yang terkenal dengan keahliannya mengolah daging juga ikut memberi pendapat.

Ditemui detikfood (24/12), Chef Victor dari restoran Sudestada juga merasakan adanya perubahan tren yang mulai diminati oleh konsumennya.

"Menurut saya tahun 2022 ini menjadi tren yang sangat besar bagi makanan sehat. Banyak orang yang mulai khawatir dengan kesehatan akhir-akhir ini. Bahkan untuk daging sendiri sudah banyak permintaan daging vegan yang bentuk terlihat seperti daging tetapi dalamnya terbuat dari sayur-sayuran," kata chef Victor.

Pada ulasan kali ini akan banyak sekali prediksi tren yang dibahas oleh detikfood. William Wongso selaku pakar kuliner Nusantara, chef Eddrian Tjhia selaku ahlinya di bidang makanan sehat, dan masih banyak yang lainnya yang bakal bergabung memberikan pendapatnya.

Simak terus ulasan tren kuliner 2022 detikfood yang pastinya akan memberikan informasi penting dan menarik untuk para pembaca. Pastikan terus mengikutinya!

Baca juga: 5 Kesalahan Meracik yang Bikin Teh Jadi Minuman Tak Sehat



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)
FOKUS BERITA Tren Kuliner 2022

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com