ADVERTISEMENT

6 Makanan Terbaik Setelah Olahraga Agar Pembakaran Kalori Lebih Efektif

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 04 Jan 2022 05:00 WIB
Side view image of fitness woman doing sit ups on an exercise mat. Muscular young woman lying on exercise mat with her hands behind head doing stomach exercises.
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Jika ingin membakar kalori, asupan makanan dan olahraga harus seimbang. Enam makanan ini disebut ahli kesehatan baik untuk maksimalkan pembakaran kalori setelah olahraga.

Menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap prima bukan hal yang mudah. Ada kebiasaan sehat dan pola makan tepat yang harus dijalani dengan penuh komitmen.

Bukan hanya menjaga asupan makanan, melainkan juga memenuhi kebutuhan olahraga agar otot tubuh tetap terlatih. Hal ini menjadi salah satu upaya agar metabolisme tetap berjalan lancar dan kalori tidak menumpuk di dalam tubuh.

Tetapi menurut ahli kesehatan dan ahli gizi, memerhatikan asupan setelah berolahraga juga penting dilakukan agar pembakaran kalori maksimal hasilnya. Ada makanan tertentu yang begitu dianjurkan untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Baca juga: Keren! Pria Ini Berhasil Turun BB 35 Kg Usai Jalani Diet Intermittent Fasting

Berikut ini 6 makanan yang perlu dikonsumsi setelah berolahraga menurut Eating Well (28/12):

Bowl of oatmeal with applesFoto: iStock

1. Oatmeal

"Oatmeal menjadi salah satu makanan go-to pemulih setelah berolahraga karena memiliki karbohidrat dan protein dan sangat baik jika ditambahkan beberapa jenis makanan lainnya seperti buah-buahan dan kacang-kacangan," kata Natalie Rizzo selaku ahli gizi terdaftar dan pemilik Greenletes di kota New York.

Pada 64 gram oatmeal saja bisa memenuhi kebutuhan protein sebanyak 5 gram dan karbohidrat mencapai 27 gram. Kandungan ini dinilai oleh Rizzo sangat cukup untuk menunda lapar dan mengembalikan energi setelah membakar habis kalori saat berolahraga sehingga mencegah untuk kembali makan terlalu banyak.

2. Buah Berry

Kaya akan kandungan antioksidan yang mampu melawan inflamasi, beberapa buah berry begitu direkomendasikan ahli. Ada blueberry, strawberry hingga blackberry.

Rizzo mengatakan beberapa gejala inflamasi seringkali timbul setelah melakukan olahraga. Hal ini wajar terjadi karena tubuh akan melakukan proses pemulihan. Maka sangat dibutuhkan asupan antioksidan agar pemulihan yang berproses dalam tubuh berlangsung lebih cepat dan tidak mengganggu kesehatan.

Baca juga: dr Richard Lee Ungkap 4 Kelompok Minuman Kemasan dengan Gula Tertinggi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT