Asnawi Mangkualam Curhat Pernah Tak Sengaja Makan Babi di Korea

Riska Fitria - detikFood Senin, 03 Jan 2022 12:30 WIB
Asnawi Mangkualam Foto: Dok. PSSI
Jakarta -

Pesepak bola Asnawi Mangkualam curhat pernah tak sengaja makan daging babi saat karantina di Korea. Baru sadar setelah habis 10 biji.

Timnas Indonesia U-23 tengah menjadi sorotan setelah bertanding di Piala AFF 2020. Meskipun gagal jadi juara, tetapi apresiasi masyarakat Indonesia kepada timnas Indonesia sangat tinggi.

Piala AFF 2020 tersebut dilangsungkan di Singapura. Di balik sengitnya pertandingan, timnas kerap kali merasa kurang nyaman dengan makanan yang disajikan oleh panitia.

Hal tersebut disampaikan oleh Shin Tae-yong pelatih timnas Indonesia. Shin Tae-yong merasa kecewa karena makanan yang disajikan untuk timnas Indonesia hanya nasi kotak dan dinilai tidak bergizi.

Baca Juga: Ikhsan Fandi, Striker Singapura yang Sering Nongkrong Kafe di Bali

asnawi mangkualam ansan greenersAsnawi Mangkualam Curhat Pernah Tak Sengaja Makan Babi di Korea Foto: Instagram @asnawi_bhr

Bahkan Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam pernah sampai tak sengaja makan babi saat bertanding di Korea. Hal tersebut diceritakan lewat podcastnya di channel YouTube KR TV (3/9/21).

Dalam podcast tersebut, pria kelahiran Makassar ini menceritakan pengalamannya saat berlaga di Korea. Ia mengatakan bahwa sulit beradaptasi dengan makanan.

"Sulit beradaptasinya itu makanan, soalnya kan aku Muslim gak makan babi, tapi di sini restorannya babi semua," ujar Asnawi.

Lebih lanjut, Asnawi juga menceritakan kalau dirinya pernah tak sengaja makan babi. Itu terjadi saat ia tengah menjalani karantina di Korea. Di sana mereka disajikan makanan oleh agennya.

Baca Juga: Hassan Sunny, Kiper Timnas Singapura yang Jualan Nasi Padang

Asnawi Mangkualam Curhat Pernah Tak Sengaja Makan Babi di KoreaAsnawi Mangkualam Curhat Pernah Tak Sengaja Makan Babi di Korea Foto: YouTube KR TV

Menurut Asnawi, makanan yang disajikan itu bentuknya seperti pastel. Kemudian ia pun memanaskan dan memakan memakan tersebut. Ia mengakui bahwa rasanya enak.

"Aku gak tau ternyata dalamnya babi. Aku makan rasanya kayak siomay gitu, tapi enak. Terus saat minta kirimkan makanan lagi sama agen saya," katanya.

Kemudian, Asnawi pun mencoba untuk menerjemahkan tulisan yang ada di kemasannya. Betapa terkejut dirinya setelah mengetahui bahwa semua makanan tersebut mengandung babi.

"Saya langsung bilang ke agen saya kalau saya gak makan babi. Aduuuh udah habis 10 ternyata babi. Enak sih tapi di agama saya gak boleh," ujarnya.

Videonya pun ramai ditanggapi netizen. Banyak netizen yang dibuat ngakak dengan pengalaman makan babi yang dialami Asnawi.

"Mana udah abis 10 baru sadar kalau itu babi. Gakpapa bang, gak dosa kalau gak sengaja," tulis netizen.

"Panik banget kayaknya pas tau itu babi," tulis netizen lainnya.

Baca Juga: Gaya Keren Nadeo Winata, Kiper Timnas yang Tepis Tendangan Penalti Singapura



Simak Video "Bikin Laper: All You Can Eat Murah di Warung Bang Panjul"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/raf)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com