30 Resep Barbeque Party

Gegara 5 Kesalahan Ini, Jagung Bakar Rasanya Jadi Kurang Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 31 Des 2021 14:00 WIB
Gegara 5 Kesalahan Ini, Jagung Bakar Rasanya Jadi Kurang Enak
Foto: Getty Images/iStockphoto/kajakiki

4. Membakar jagung terlalu cepat

Gegara 5 Kesalahan Ini, Jagung Bakar Rasanya Jadi Kurang EnakGegara 5 Kesalahan Ini, Jagung Bakar Rasanya Jadi Kurang Enak Foto: Getty Images/iStockphoto/kajakiki

Saat membakar jagung, hindari terburu-buru. Jagung paling bagus dibakar di panggangan arang. Pastikan api arang sudah panas maksimal dan merata. Bakar jagung utuh dengan api sedang selama 15-20 menit.

Putar-putar jagung agar matangnya merata. Untuk mengetahui tingkat kematangan, kamu bisa menekan-nekan biji jagung. Jika sudah cukup lunak dan empuk, pertanda jagung bakar sudah matang. Perhatikan juga jejak bakaran di permukaan jagung. Jangan sampai sudah terlalu hitam karena pertanda gosong.

5. Tidak merebus jagung yang sudah tua

Ketika tidak dapat stok jagung muda dan manis buat jagung bakar, kamu tak perlu kecewa. Manfaatkan jagung yang sudah tua untuk membuat jagung bakar.

Namun ada trik supaya jagung bakar tetap enak nantinya. Rebus sebentar jagung yang sudah tua ini sebelum dibakar. Rebus selama 3-4 menit di air mendidih yang sudah diberi sedikit garam. Proses ini memungkinkan jagung lebih empuk nantinya. Kamupun tak akan kesulitan menggigit jagung bakar.


(adr/odi)