Nostalgia Yuk! 5 Jajanan SD Ini Bisa Dibentuk Masjid hingga Hewan

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 29 Des 2021 19:38 WIB
Martabak Jadul Bentuk Karakter
Foto: Instagram @tio_philus
Jakarta -

Jajanan SD bisa bikin mereka yang lahir di tahun 1990-an nostalgia. Beberapa di antara jajanan tersebut bisa dibentuk masjid hingga hewan.

Jajanan SD biasanya memiliki target pembeli anak kecil. Oleh karenanya banyak yang memiliki bentuk lucu dan warna-warni yang cantik.

Untuk anak kecil atau pembeli yang lahir di era 1990-an pasti tak asing lagi dengan permen gulali khas Betawi yang bisa dibentuk menjadi beragam karakter. Tak hanya itu, ada juga agar-agar yang ditawarkan dengan bentuk hewan hingga masjid.

Baca Juga: Driver Ojol Cekcok dengan Pemilik Resto karena Restoran Tutup, Ini Kronologinya

Berikut 5 jajanan SD yang bisa dibentuk karakter hewan atau benda:

1. Permen Gulali

permen gulali, jajanan anak SD jadulpermen gulali, jajanan anak SD jadul Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Salah satu jajanan SD favorit yaitu permen gulali. Berupa gula yang dilelehkan kemudian dibentuk karamel dengan warna-warni yang cantik. Biasanya berwarna merah, oranye, dan hijau.

Permen gulali biasa dibanderol harga mulai dari Rp 2.000. Pilihan bentuknya beragam, mulai dari bunga, hewan, dan lainnya. Bahkan, pembeli bisa meminta dibuatkan balon yang benar-benar bisa ditiup. Untuk membentuk permen gulali tersebut, biasanya para penjual menggunakan tangan secara langsung.

2. Cireng

Jual Cireng Bentuk Binatang Rp 1.000, Penjual Ini Dapat Donasi Rp 3.7 Juta dari NetizenJual Cireng Bentuk Binatang Rp 1.000 Foto: TikTok @oktafiya

Pada umumnya cireng memiliki bentuk bundar dan pipih. Banyak ditawarkan penjual jajanan SD dengan harga mulai dari Rp 1.000. Biasa disajikan dengan saus sambal maupun sambal kacang.

Belum lama ini ada penjual cireng yang viral di media sosial. Penjual cireng ini menawarkannya dengan bentuk yang unik. Bukan bundar, melainkan karakter hewan.

Tak heran kalau cireng yang ia tawarkan ramai diserbu pembeli yang kebanyakan anak kecil. Apalagi cireng tersebut ditawarkan hanya dengan harga Rp 1.000, padahal membentuk karakter hewan itu juga perlu keterampilan.

Baca Juga: Jual Cireng Bentuk Binatang Rp 1000, Penjual ini Dapat Donasi Rp 37 Juta dari Netizen

3. Agar-agar

Jajanan Anak SD JadulJajanan Anak SD Jadul Foto: Instagram

Jajanan anak SD jadul lainnya yang bisa dibentuk adalah agar-agar. Penjual agar-agar ini hanya bisa ditemui di depan gerbang sekolah. Biasanya penjualnya menggunakan pikulan.

Agar-agar yang ia gunakan adalah rasa stroberi dengan warna merah terang. Di atas gerobaknya, biasanya terdapat contoh gambar yang bisa dipilih pembeli. Setelah itu, penjualnya langsung membentuk gambar yang dipilih.

Ada gambar kupu-kupu, robot, rumah, hingga masjid. Penjualnya membentuk gambar tersebut menggunakan pisau kecil. Agar-agar aneka bentuk ini dulunya dibanderol harga Rp 500-an. Sekarang harganya dibanderol Rp 2.000.

4. Martabak Jadul

Martabak Jadul Bentuk KarakterMartabak Jadul Bentuk Karakter Foto: Instagram @tio_philus

Jika biasanya martabak jadul hanya dilipat seperti bulan setengah lingkaran, kali ini penjualnya menawarkan dengan beragam bentuk. Ada yang berbentuk kupu-kupu hingga wajah Spiderman.

Video penjual martabak jadul yang sedang membentuk martabak dengan karakter Spiderman viral di media sosial. Diunggah oleh akun Instagram @tio_philus yang kemudian dibagikan ulang oleh @dagelan (27/12).

Penjual martabak itu dengan cekatan memotong beberapa bagian martabak jadul. Setelah itu tampak terlihat bagian mata dan diberikan susu kental manis, serta taburan cokelat meisjes. Harganya Rp 2.000.

5. Es Serut Pelangi

Jajanan SD juga tak luput dari es yang menyegarkan. Adalah es serut pelangi yang pernah menjadi primadona di zamannya. Berupa es serut yang dibentuk menggunakan cetakan.

Ada yang berbentuk bunga, bola, kura-kura, dan lainnya. Es serut ini kemudian diberikan sirapan sirop aneka rasa yang manis. Harganya mulai dari Rp 2.000 saja.

Baca Juga: 5 Kuliner Malang Legendaris yang Selalu Ngangeni, Ada yang Sudah 100 Tahun!



Simak Video "Masak Masak: Resep Camilan yang Cocok Dimakan Saat Hujan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)