Nostalgia Yuk! 5 Jajanan SD Ini Bisa Dibentuk Masjid hingga Hewan

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 29 Des 2021 19:38 WIB
Martabak Jadul Bentuk Karakter Foto: Instagram @tio_philus

3. Agar-agar

Jajanan Anak SD JadulJajanan Anak SD Jadul Foto: Instagram

Jajanan anak SD jadul lainnya yang bisa dibentuk adalah agar-agar. Penjual agar-agar ini hanya bisa ditemui di depan gerbang sekolah. Biasanya penjualnya menggunakan pikulan.

Agar-agar yang ia gunakan adalah rasa stroberi dengan warna merah terang. Di atas gerobaknya, biasanya terdapat contoh gambar yang bisa dipilih pembeli. Setelah itu, penjualnya langsung membentuk gambar yang dipilih.

Ada gambar kupu-kupu, robot, rumah, hingga masjid. Penjualnya membentuk gambar tersebut menggunakan pisau kecil. Agar-agar aneka bentuk ini dulunya dibanderol harga Rp 500-an. Sekarang harganya dibanderol Rp 2.000.

4. Martabak Jadul

Martabak Jadul Bentuk KarakterMartabak Jadul Bentuk Karakter Foto: Instagram @tio_philus

Jika biasanya martabak jadul hanya dilipat seperti bulan setengah lingkaran, kali ini penjualnya menawarkan dengan beragam bentuk. Ada yang berbentuk kupu-kupu hingga wajah Spiderman.

Video penjual martabak jadul yang sedang membentuk martabak dengan karakter Spiderman viral di media sosial. Diunggah oleh akun Instagram @tio_philus yang kemudian dibagikan ulang oleh @dagelan (27/12).

Penjual martabak itu dengan cekatan memotong beberapa bagian martabak jadul. Setelah itu tampak terlihat bagian mata dan diberikan susu kental manis, serta taburan cokelat meisjes. Harganya Rp 2.000.

5. Es Serut Pelangi

Jajanan SD juga tak luput dari es yang menyegarkan. Adalah es serut pelangi yang pernah menjadi primadona di zamannya. Berupa es serut yang dibentuk menggunakan cetakan.

Ada yang berbentuk bunga, bola, kura-kura, dan lainnya. Es serut ini kemudian diberikan sirapan sirop aneka rasa yang manis. Harganya mulai dari Rp 2.000 saja.

Baca Juga: 5 Kuliner Malang Legendaris yang Selalu Ngangeni, Ada yang Sudah 100 Tahun!

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Resep Camilan yang Cocok Dimakan Saat Hujan"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com