Kena PHK, Mantan Manager di BUMN Ini Kini Jualan Hotdog Unik

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 25 Des 2021 17:00 WIB
Kena PHK, Mantan Manager di BUMN Ini Kini Jualan Hotdog Unik Foto: Instagram @manpainihon
Jakarta -

Terdampak pandemi, seorang pria yang awalnya bekerja di perusahaan BUMN ini terpaksa kehilangan pekerjaan. Kini jualan hotdog gaya Jepang yang unik.

Dampak pandemi COVID-19 masih banyak dirasakan oleh semua orang di seluruh dunia. Ekonomi merosot hingga PHK besar-besaran pun tak bisa terelakkan.

Akibatnya tak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan. Seperti yang dialami oleh Billiyantoro asal Jakarta. Kepada detikcom (24/12/21) Billy mengatakan bahwa sebelumnya ia bekerja di sebuah perusahaan BUMN.

"Saya sudah bekerja dari tahun 2001. Dari awalnya sebagai karyawan magang, lau pernah jadi team leader, SPV, manager bahkan sampai jadi General Manager," tutur Billyantoro.

Baca Juga: Merinding! Taqy Malik Bertemu Tukang Gorengan 'Ghoib' Pukul 1 Pagi

Kena PHK, Mantan Manager di BUMN Ini Kini Jualan Hotdog UnikKena PHK, Mantan Manager di BUMN Ini Kini Jualan Hotdog Unik Foto: Instagram @manpainihon

Terakhir, Billy dipercaya menjadi Senior Manager di salah satu perusahaan BUMN. Namun, karena dampak pandemi, gajinya dipotong hingga dirinya juga terkena perampingan.

Karena kebutuhan hidup terus berjalan, sementara tidak ada pemasukan membuat Billy hanya bertahan hidup dengan mengandalkan pesangon.

"Namun hutang-hutang banyak menguras tabungan. Di situlah saya berpikir harus do something," tuturnya.

Sejak saat itulah ia terpikirkan untuk memulai usaha kecil-kecilan, yakni dengan membuka gerai hotdog. Ada alasan tersendiri mengapa ia memilih berjualan hotdog.

Tidak hanya sekadar berjualan hotdog, Billy juga melakukan inovasi. Hotdog yang ditawarkan tersebut dibuat dengan gaya Jepang, sehingga berbeda dari lainnya.

Kena PHK, Mantan Manager di BUMN Ini Kini Jualan Hotdog UnikKena PHK, Mantan Manager di BUMN Ini Kini Jualan Hotdog Unik Foto: Instagram @manpainihon

"Bermula dari penasaran, kenapa di Indonesia hotdog tidak bisa se-booming burger. Dan bagaimana kalau American food seperti hotdog, tapi di-mix dengan cita rasa Jepang," ujar

Baca Juga: 5 Mantan Chef Restoran yang Kini Jualan di Gang Sempit

Eksperimen mulai dilakukan Billy dengan mencoba beberapa ramuan dan bahan-bahan dari Jepang. Kemudian dipadukan dengan hotdog yang notabenenya berasal dari Amerika.

Gerai hotdognya tersebut dinamakan Manpai Nihon yang diambil dari bahasa Jepang.' 'Manpai' artinya kenyang sementara 'Nihon' merupakan kata lain dari Nippon yang artinya Jepang.

Kena PHK, Mantan Manager di BUMN Ini Kini Jualan Hotdog UnikKena PHK, Mantan Manager di BUMN Ini Kini Jualan Hotdog Unik Foto: Instagram @manpainihon

Dibuka sejak awal tahun kemarin, Billy hanya menjual hotdognya secara online melalui ojek online. Lokasinya di Bintaro Sektor 3A, Jalan Mandar 21 blok DD 12 No 12 Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Ada beberapa varian hotdog yang ditawarkan. Salah satu yang jadi andalan adalah Nihon Dog with Beef Teriyaki. Sosisnya diracik dengan bumbu Jepang.

Kemudian ditambah daging sapi yang dimasak teriyaki. Untuk toppingnya diberi bonito katsuobushi dan nori, lalu diberi mayo dan abon Jepang.

Tantangan pun dirasakan oleh Billy. Ia juga sempat merasakan sepinya pelanggan. Bahkan modalnya habis hanya untuk melakukan promosi. Namun, semakin berjalannya waktu gerainya mulai ramai diminati orang dengan kisaran harga Rp 30.000-an.

Baca Juga: 5 Mantan Preman Ini Sekarang Sukses Jualan Makanan



Simak Video "Cara Bikin Choripan Hotdog ala Argentina"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com