Bisnis Kuliner Mantan Chef

5 Mantan Chef Restoran yang Kini Jualan di Gang Sempit

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 31 Agu 2021 17:30 WIB
Kwetiaw Akang Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Masa pandemi banyak orang harus beralih profesi. Seperti para chef restoran yang kena PHK dan kini memilih untuk membuka usaha kuliner meski harus berjualan di dalam gang.

Lapangan pekerjaan saat pandemi terutama di industri makanan terkena imbas. Hal ini membuat banyak chef yang dulunya bekerja di restoran, harus kehilangan pekerjaan setelah diberhentikan karena tempat usahanya tutup.

Namun mereka tak mudah menyerah, beberapa mantan chef restoran ternama bahkan tak gengsi merintis usaha kuliner milik sendiri dari nol. Walau tempatnya jauh dari kata mewah dan harus berjualan di gang sempit.

Mereka tetap menyajikan makanan dengan standar yang bagus. Tapi tidak mengurangi kualitas makanan dan cita rasa yang disuguhkan untuk pembeli.

Berikut lima mantan chef restoran yang kini laris manis berjualan makanan.

Baca Juga: 5 Bakso Gerobakan di Dalam Gang yang Enaknya Nampol


1. Nasi Goreng Rempah Jatayu

Resep Nasi Goreng Daging AsapNasi Goreng Daging Foto: iStock

Dikunjungi oleh banyak food vlogger ternama, Nasi Goreng Rempah Jatayu di Kebayoran Lama, menjadi favorit banyak orang. Meskipun letaknya cukup tersembunyi, di mana orang-orang harus menelusuri gang sempit dulu.

Tapi semua itu terbayarkan ketika menemukan warung makan di pojokan gang ini. Sesuai namanya, warung makan sederhana ini didirikan oleh mantan chef yang dulunya bekerja di restoran.

Spesialiasnya ada menu nasi goreng rempah yang dipadukan dengan bumbu kare khas Timur Tengah. Ada juga nasi goreng rempah yang menggunakan bumbu rempah rawon dan kluwek yang kehitaman. Kisaran harganya terjangkau sekitar Rp 28.000 dengan porsi royal.

2. RJ Food

Sinsa RamyunRamyun Foto: Hestianingsih

Letaknya di dalam gang yang ada di jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. RJ Food ini terbilang baru, tapi sudah berhasil menarik perhatian banyak orang. Setelah food vlogger Anak Kuliner mengunjungi tempatnya.

RJ Food didirikan oleh pemiliknya yang dulu bekerja sebagai chef di restoran Korea dan perusahaan Korea. Karirnya harus terhenti semenjak pandemi, dan membuatnya memutuskan untuk membuka usaha makanan Korea sendiri di dalam kontrakan yang ada di gang sempit.

Walau di dalam gang, tapi penampilan makanannya tak kalah dengan hidangan Korea di restoran bintang lima. Ada Shin Ramyun, kemudian ada Special Noodle Lodo, Chicken Suju dan masih banyak lagi. Kisaran harganya hanya Rp 15.000 saja, dan rasanya enak serta porsinya mengenyangkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Rujak Juhi Khas Betawi yang Langka"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com