Kuliner Hidden Gems

5 Gang Sempit yang Populer Karena Dipenuhi Penjual Makanan Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 23 Jan 2021 18:00 WIB
5 Gang Sempit yang Populer Karena Dipenuhi Penjual Makanan Enak Foto: detikfood
FOKUS BERITA Kuliner Hidden Gems
Jakarta -

Meski hanya berupa lorong sempit, gang ini dipenuhi banyak kuliner enak. Lokasinya ada di Jakarta, Bogor, dan Semarang.

Gang di Indonesia tidak hanya merujuk pada tempat pemukiman saja, tapi juga lokasi para penjual makanan enak. Karenanya gang-gang ini kerap disebut gang kuliner.

Tak hanya satu atau dua saja penjual makanan yang ada di dalamnya, tapi lebih dari itu. Banyak di antaranya bahkan sudah terkenal enak.

Misalnya saja Kopi Es Tak Kie di Gang Gloria atau lumpia di Gang Lombok. Kenikmatan dua makanan klasik ini selalu dicari penikmatnya.

Berikut detikfood merangkum 5 gang kuliner yang terkenal di Indonesia. Lokasinya tersebar di Jakarta, Bogor, dan Semarang.

1. Gang Kalimati

5 Gang Sempit yang Populer Karena Dipenuhi Penjual Makanan Enak5 Gang Sempit yang Populer Karena Dipenuhi Penjual Makanan Enak Foto: YouTube Street Foods Village

Di kawasan Glodok, Jakarta Barat, ada Gang Kalimati yang terkenal di kalangan foodies. Sebab di gang ini ada banyak penjual makanan enak.

Bernuansa pecinan, kamu bisa menemukan banyak kuliner unik di Gang Kalimati. Misalnya saja cempedak goreng, talas gula karamel, hingga mie Belitung.

Jajanan khas di sini juga ada ci cong fan, mipan, dan es cincau hijau. Sebagai makanan utama, jangan lewatkan soto tangkar legendaris racikan Pak Jumanta yang sudah ada sejak tahun 1971.

2. Gang Gloria

5 Gang Sempit yang Populer Karena Dipenuhi Penjual Makanan Enak5 Gang Sempit yang Populer Karena Dipenuhi Penjual Makanan Enak Foto: detikfood

Masih dengan balutan suasana pecinan, Gang Gloria di Glodok, Jakarta Barat juga terkenal dengan ragam kulinernya yang nikmat.

Salah satu yang paling terkenal adalah Kopi Es Tak Kie yang sudah ada sejak 1927. Racikan es kopi susu di sini klasik dan selalu dicari penikmatnya.

Selain Kopi Es Tak Kie, ada beragam kuliner halal yang bisa kamu cicip di sini. Misalnya saja Soto Betawi Afung, Gado-gado Direksi, dan Kari Lam.

Baca Juga: Main ke Pecinan Bisa Makan Soto Betawi, Bihun Kari hingga Gado-Gado Enak

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Kuliner Hidden Gems
FOKUS BERITA Kuliner Hidden Gems

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com