Kuliner Bogor Ikonik & Klasik

Enaknya Laksa Bogor Mang Wahyu yang Laris Manis Sejak 1960-an

Devi Setya - detikFood Jumat, 30 Okt 2020 07:00 WIB
Laksa Bogor Mang Wahyu yang Laris Manis Sejak 1960-an Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Bogor -

Kalau mencari laksa Bogor enak, coba datangi kedai Mang Wahyu di Gang Aut, Suryakencana, Bogor. Di sini ada laksa enak yang eksis sejak 1960-an.

Laksa Bogor termasuk makanan yang tak tergerus zaman, sajian ketupat dengan kuah kuning kental ini selalu punya penggemar. Nah, salah satu laksa Bogor legendaris yang patut dicoba adalah Laksa Mang Wahyu.

Kami mendatangi kios sederhana di Gang Aut, Suryakencana. Jauh dari kata luas, tapi kios ini selalu ramai pengunjung. Bahkan ada yang rela antre demi semangkuk laksa racikan Mang Wahyu.

DetikFood juga tak mau melewatkan lezatnya laksa Bogor yang sudah diracik oleh tiga generasi ini. Kami sengaja datang pagi hari agar laksa tak keburu ludes diborong pembeli.

1. Sejak tahun 1960-an

Laksa Bogor Mang Wahyu yang Laris Manis Sejak 1960-anLaksa Bogor Mang Wahyu yang Laris Manis Sejak 1960-an Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Kios Mang Wahyu di Gang Aut ini memang baru beberapa tahun tapi racikan laksanya sudah diracik sejak 1960-an oleh kakek Mang Wahyu. Kami bertemu Mang Adi yang tak lain adalah adik dari Mang Wahyu.

Mang Adi mengatakan dahulu kakeknya berjualan keliling kampung menggunakan pikulan. "Dulu kakek jualannya nggak begini di kios. Dulu pakai pikulan, keliling," kata Adi sambil sibuk meracik laksa Bogor.

Karena berjualan keliling, dahulu belum ada namanya. Baru setelah tahun 1990-an diberinama Laksa Mang Wahyu. "Orang taunya laksa Gang Aut, dari dulu jualannya di depan gang sana," lanjut Adi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Lezatnya Laksa Aut Khas Bogor 'Mang Wahyu' Berkuah Kuning Kental"
[Gambas:Video 20detik]