Kuliner Bogor Ikonik & Klasik

Laksa Bogor Punya Kuah Kental dan Pakai Oncom Merah

Devi Setya - detikFood Kamis, 29 Okt 2020 11:00 WIB
Laksa Bogor Punya Kuah Kental dan Pakai Oncom Merah Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta -

Laksa Bogor termasuk hidangan klasik yang hingga kini masih eksis. Di Jakarta dan Tangerang juga ada laksa, lantas apa ya ciri khas laksa Bogor?

Laksa adalah hidangan yang terbuat dari paduan ketupat, bihun, tauge dan guyuran kuah kental. Namun di Bogor ada laksa khas yang disajikan dengan campuran oncom merah.

Hidangan laksa biasa tersaji sebagai menu sarapan atau makanan selingan. Sejak tahun 1960-an, laksa kerap dijajakan keliling kampung menggunakan pikulan.

Rasanya yang gurih sedap bikin laksa tak pernah kehilangan pembeli. Bukan hanya Bogor, laksa juga jadi sajian ikonik di berbagai kota lain seperti Jakarta dan Tangerang namun dengan versi dan ciri khas berbeda.

Berikut beberapa ciri khas laksa Bogor yang gurih berkuah kental.

1. Menggunakan oncom merah

Laksa Bogor Punya Kuah Kental dan Pakai Oncom MerahLaksa Bogor Punya Kuah Kental dan Pakai Oncom Merah Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Laksa Bogor bisa dengan mudah dibedakan setelah melihat oncom di dalam campurannya. Oncom merah menjadi ciri khas laksa Bogor yang membuat rasanya lebih nikmat.

Disebut oncom merah karena yang digunakan hanyalah oncom segar dengan serabut jamur warna putih dan oranye. Terkadang saking oranye warna oncom ini sekilas tampak agak kemerahan.

Oncom yang dijadikan campuran dalam laksa ini dibiarkan mentah alias tidak diolah. Saat penyajian, oncom dipotong kecil-kecil lalu diguyurkan kuah laksa yang panas.
Oncom akan matang setelah diguyur kuah panas berkali-kali.

2. Disajikan dengan bihun

Isian laksa Bogor kurang lebih sama dengan laksa Betawi atau Tangerang. Namun untuk laksa Bogor disajikan dengan pelengkap bihun.

Beberapa laksa Betawi hadir dengan mie putih yang bentuknya agak besar, meskipun beberapa laksa Betawi juga menggunakan campuran bihun. Selain isian bihun, laksa Bogor juga dilengkapi irisan ketupat, tauge dan kemangi, tahu serta taburan serundeng kelapa.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Lezatnya Laksa Aut Khas Bogor 'Mang Wahyu' Berkuah Kuning Kental"
[Gambas:Video 20detik]