Kuliner Bogor Ikonik & Klasik

5 Kuliner Ikonik khas Bogor, ada Laksa dan Asinan

Riska Fitria - detikFood Selasa, 27 Okt 2020 19:00 WIB
5 Kuliner Ikonik khas Bogor, ada Laksa dan Asinan Foto: iStock
Jakarta -

Dikenal sebagai destinasi kuliner populer, Bogor mempunyai banyak kuliner ikonik. Mulai yang berkuah gurih hingga yang berbumbu kacang.

Bogor memiliki banyak kuliner khas. Beberapa kulinernya bahkan dikenal menjadi ikon kota Bogor. Racikannya sederhana, tetapi cita rasa yang ditawarkan luar biasa.

Kuliner ikonik tersebut ada mulai dari soto mie, laksa, hingga asinan. Mungkin beberapa di antaranya ada yang mirip dengan daerah lain.

Namun, kuliner ikonik Bogor tersebut memiliki perbedaan yang menjadi ciri khasnya. Kuliner ikonik itu sering jadi buruan pada wisatawan kala berkunjung ke Bogor.

Berikut 5 kuliner ikonik khas Bogor.

1. Soto Mie

5 Kuliner Ikonik khas Bogor, ada Laksa dan Asinan5 Kuliner Ikonik khas Bogor, ada Laksa dan Asinan Foto: iStock

Mendengar kata 'soto mie' pasti langsung teringat dengan Bogor. Yup, makanan berkuah gurih ini memang menjadi ikon kuliner di Bogor.

Soto mie terbuat dari campuran daging, babat, kentang, risol, mie, kol dan tomat. Kemudian diberi kuah dan disantap dengan kerupuk emping.

Soto mie khas Bogor ini berbeda dengan soto lainnya. Perbedaan ada pada kuahnya yang berwarna kemerahan. Itu karena adanya campuran cabe merah pada bumbunya.

Baca Juga : Ragam Kuliner Bogor yang Ikonik, Klasik hingga Kekinian

2. Toge Goreng

5 Kuliner Ikonik khas Bogor, ada Laksa dan Asinan5 Kuliner Ikonik khas Bogor, ada Laksa dan Asinan Foto: iStock

Ke Bogor belum lengkap kalau belum menyantap toge goreng. Toge goreng juga merupakan ikon kuliner di kota hujan ini.

Kuliner yang satu ini tercipta dengan pengaruh China yang menggunakan istilah hokiyan. Toge goreng disajikan dengan mie kuning, toge, oncom dan tauco.

Di Bogor kamu akan mudah menemukan warung-warung yang menawarkan toge goreng. Salah satu yang terkenal legendaris adalah Toge Goreng H. Gebro. Warungnya sudah ada sejak tahun 1943.

3. Asinan

5 Kuliner Ikonik khas Bogor, ada Laksa dan Asinan5 Kuliner Ikonik khas Bogor, ada Laksa dan Asinan Foto: iStock

Asinan merupakan kuliner berupa sayuran dan buah-buahan yang dicampur dengan kuah pedas dan segar. Sebenarnya asinan ada dua versi, yaitu versi Betawi dan versi Bogor.

Perbedaan kedua jenis asinan itu ada pada kuah dan penambahan bahan-bahan campurannya. Asinan Betawi menggunakan kuah bumbu kacang. Sementara asinan Bogor kuah yang diambil dari gerusan cabai merah.

Biasanya, asinan gaya Bogor ini diisi dengan buah-buahan tropis seperti, nanas, bengkuang, salak, jambu dan jenis sayuran berupa toge,wortel, sawi adin, kol dan timun.

Selanjutnya
Halaman
1 2