Laris Manis! Kue Putu Jadi Jajanan Favorit di Orchard Road Singapura

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 18 Des 2021 14:00 WIB
Kue Putu Hadir di Orchard Road, Singapura Foto: Instagram/ginyuudai
Jakarta -

Masih satu rumpun, tak ayal banyak kuliner di tanah Melayu yang bentuknya saling menyerupai. Tan Tutu, kue mirip kue Putu ini populer di Orchard Road, Singapura.

Beberapa negara di rumpun yang sama biasanya memiliki suatu hidangan yang mirip satu sama lain. Termasuk negara-negara di rumpun melayu seperti Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Negara Singapura sendiri terkenal dengan dunia wisatanya yang begitu menarik. Mulai dari wisata atraksi hingga wisata kuliner yang bahkan tercatat sebagai salah satu warisan dunia.

Terutama jajanan kaki limanya yang berada di kawasan Orchard Road menjadi pusat perhatian para wisatawan yang datang ke negara ini. Seorang traveler yang tengah mengunjungj Singapura memperlihatkan sebuah jajanan tradisional kaki lima yang bentuknya mirip kue putu asal Indonesia di Orchard Road.

Baca juga: Pernah Coba? 7 Buah Eksotis Ini Cuma Ada di Indonesia!

Kue Putu Hadir di Orchard Road, SingapuraKue Putu Hadir di Orchard Road, Singapura Foto: Instagram/ginyuudai

Melalui unggahan pada akun Instagram @ginyuudai (15/12), terlihat penjual kue tradisional yang meracik kue dengan begitu cekatan. Uniknya, susunan bahan-bahan yang digunakan mirip dengan salah satu kue di Indonesia.

Ada tepung beras ketan hingga gula merah yang sudah disisir halus. Tepung beras ketan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam cetakan, ditambahkan gula merah dan parutan kelapa baru ditutup dengan tepung beras sekali lagi dibagian atasnya.

Setelah adonan tercetak, pedagang kemudian mengukus jajanan tersebut dengan uap yang keluar dari alat memasak yang terbuat dari besi. Jika dilihat-lihat kue yang satu ini sangat mirip sekali dengan kue putu asal Indonesia.

Bernama Putu Piring, banyak netizen yang salah fokus dan mengatakan bahwa ini adalah kue putu asal Indonesia. Dimasak langsung di hadapan pelanggan membuat wisatawan yang tengah jajan di Orchard Road begitu tertarik.

Baca juga: Steak Emas ala Salt Bae Jadi Menu di Hotel Ini, Sudah Laku 1.000 Porsi!

Kue Putu Hadir di Orchard Road, SingapuraKue Putu Hadir di Orchard Road, Singapura Foto: Instagram/ginyuudai

Saat dicicipi oleh traveller asal Bangkok, penampilan kue ini pun sangat persis dengan kue putu. Isinya yang padat dari beras ketan dalamnya dilengkapi gula merah yang meleleh dan manis rasanya.

Ketika detikcom melihatnya (17/12), unggahan ini bahkan telah dilihat oleh lebih dari 294 ribu netizen di Instagram. Banyak sekali netizen asal Indonesia yang mampir untuk berkomentar karena kemiripan kue ini dengan kue asal Indonesia.

"Kami menyebutnya itu Putu di Indonesia. Isiannya dengan gula merah. Rasanya begitu kaya dan lezat. Coba datang ke Indonesia," tulis akun @deeba_recipe.

"Aduh aduh, jauh-jauh pergi ke luar negeri jajanannya tetap kue putu," tulis akun @sitiiiy.

Baca juga: Tips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan Ini



Simak Video "Cara Mudah Bikin Kue Putelo yang Lembut dan Manis"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com