Pernah Coba? 7 Buah Eksotis Ini Cuma Ada di Indonesia!

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 07 Okt 2021 16:30 WIB
Pernah Coba? 7 Buah Eksotis Ini Cuma Ada di Indonesia! Foto: iStock/Istimewa
Jakarta -

Beriklim tropis dan bertanah subur, Indonesia ditumbuhi dengan berbagai tumbuhan unik. Seperti tujuh buah eksotis berikut yang hanya bisa ditemukan di Indonesia.

Memiliki tanah gembur dengan iklim tropis yang cukup hangat membuat banyak jenis tanaman dapat tumbuh subur. Beberapa tumbuhan bahkan diketahui hanya bisa ditemukan di Indonesia dan tidak ada di negara-negara lain.

Seperti halnya buah-buahan eksotis ini. Beberapa buah ini bahkan hanya bisa ditemukan di daerah-daerah tertentu di Indonesia.

Keunikan jenis-jenis buah di Indonesia ini juga seringkali masuk ke dalam rekomendasi buah-buahan yang patut dicoba pada berbagai media travel International. Tidak jarang juga banyak wisatawan mancanegara yang datang jauh-jauh ke Indonesia untuk mencicipi buah-buah langka tersebut.

Berikut ini 7 buah-buahan eksotis dan langka yang hanya ada di Indonesia:

Pernah Coba? 7 Buah Eksotis Ini Cuma Ada di Indonesia!Pernah Coba? 7 Buah Eksotis Ini Cuma Ada di Indonesia! Foto: iStock/Istimewa

1. Buah Matoa

Tidak sepopuler buah lainnya, buah matoa sebenarnya merupakan bukti kesuburan tanah Papua yang kaya akan mineralnya. Buah matoa terbilang sebagai buah langka. Selain tempat hidupnya yang membutuhkan karakteristik iklim dan tanah tertentu, pertumbuhan buahnya juga tak bisa didapatkan sepanjang tahun.

Buah matoa hanya bisa berbuah sekitar bulan Juli hingga Oktober saja. Daging dari buah matoa ini bertekstur kenyal dengan warna putih bening seperti rambutan, kelengkeng dan leci. Buah yang rasanya sedikit manis ini bahkan dipercaya dapat meningkatkan kesuburan organ reproduksi pria dan wanita.

2. Buah Manau

Bukan hanya batangnya yang dapat digunakan, pohon rotan juga memiliki buah yang bisa dikonsumsi. Buah manau yang sekilas terlihat mirip salak namun berukuran lebih kecil dan berbentuk oval ini tumbuh dengan lebat di sekitar Bangka, Belitung hingga Kalimantan.

Di beberapa daerah penghasil buah manau, buah dari tanaman rotan ini sangat sering dikonsumsi terutama diolah menjadi asinan. Walaupun rasanya tidak begitu manis dan membuat lidah gemetar karena cenderung pahit, tetapi kesegaran buah ini dikatakan mampu bikin ketagihan.

Baca juga: 5 Nama Buah Ini Terdengar Asing Padahal Rasanya Terkenal Enak

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com