Jadi Garam Andalan Salt Bae, Ini 5 Fakta Menarik Garam Maldon

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 13 Des 2021 16:00 WIB
10 Potret Jadul Salt Bae Sebelum Jadi Celebrity Chef Terkenal
Foto: Instagram nusr_et
Jakarta -

Salt Bae terkenal dengan gayanya saat menabur garam ke daging, tapi tahukah kamu garam apa yang ia pilih? Bernama garam maldon, garam andalan Salt Bae ini ternyata punya fakta menarik.

Chef Nusr├Ęt Gokce alias Salt Bae tak bisa dipisahkan dari garam. Popularitas chef kelahiran Turki ini bahkan berawal dari garam. Tahun 2017, sosoknya viral lantaran memiliki gaya unik saat menabur garam ke daging.

Salt Bae akan menekuk satu tangannya untuk menabur garam dari jarak jauh ke atas hamparan daging panggang (steak) pesanan pengunjung. Meski gerakan ini sederhana, nyatanya banyak orang terhibur dengan aksi Salt Bae.

Sampai sekarang, chef 38 tahun ini masih akrab dengan gerakan menabur garam. Tapi pernahkah kamu mengetahui garam apa yang digunakan Salt Bae? Tentu saja ia bukan memakai garam dapur biasa.

Salt Bae memilih jenis garam istimewa dengan merek garam maldon atau Maldon Salt. Garam ini memiliki butiran kasar dan disebut-sebut punya berbagai keunggulan dari segi rasa maupun teksturnya.

Dirangkum detikfood dari berbagai sumber, inilah 5 fakta menarik garam maldon, garam pilihan Salt Bae:

1. Salt Bae belanja banyak garam maldon tiap minggu

Mengutip Eater (8/2/18), Salt Bae mengaku senang menggunakan garam maldon di tiap hidangannya. Juru bicara Salt Bae mengatakan, "Dia bilang garam adalah hal esensial karena garam mengeluarkan rasa hidangan... terutama ketika memasak daging."

Salt Bae tak ragu belanja banyak garam maldon tiap minggunya. Ia bahkan bisa menghabiskan 5 kantong besar garam maldon untuk memenuhi kebutuhan restorannya.

Selain Salt Bae, celebrity chef penggemar garam maldon lainnya adalah Jamie Oliver. Ia menuliskan penggunaan garam ini dalam buku resepnya.

2. Garam Inggris sejak tahun 1882

Jadi Garam Andalan Salt Bae, Ini 5 Fakta Menarik Garam MaldonJadi Garam Andalan Salt Bae, Ini 5 Fakta Menarik Garam Maldon Foto: Getty Images/iStockphoto/Quanthem

Garam maldon sebenarnya merujuk pada produk garam bermerek Maldon Salt asal Inggris. Dalam situs resminya (13/12/21), Maldon Salt mendeskripsikan garam buatan mereka sebagai garam laut gourmet. Garam ini dipanen di kota Maldon, Essex sejak tahun 1882.

Garam maldon punya ciri khas berbentuk piramida. Proses pembuatannya masih tradisional dengan metode artisan. Kini produsen garam maldon sudah memasuki generasi keempat. Mereka adalah keluarga Osborne. Dimulai dari James, Cyril, Clive, dan kini Steve Osborne sebagai pengelolanya.

Garam maldon lekat dengan tradisi kota Maldon lantaran kota ini termasuk kota pesisir. Banyak warganya sejak dulu sudah mempelajari teknik membuat garam tradisional yang berkualitas. Konon pembuatan garam di Maldon sudah berlangsung hampir seribu tahun lamanya.

Garam maldon andalan Salt Bae juga punya fakta menarik lain seperti di halaman selanjutnya.



Simak Video "Ini Cara Membuat Garam Tradisional di NTT"
[Gambas:Video 20detik]