Duh! Pegawai Resto Salt Bae Tolak Tip Hampir Rp 200 Ribu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 06 Des 2021 17:00 WIB
Tawarkan Gaji Rp 233 Ribu, Lowongan Chef di Resto Salt Bae Disorot
Foto: Getty Images
Jakarta -

Pegawai restoran biasanya sangat senang menerima tip dari pengunjung. Namun pegawai Salt Bae ini menolak tip sejumlah hampir Rp 200 ribu.

Memberi tip usai makan di restoran sudah jadi budaya di negara Barat. Tak ada patokan pasti mengenai jumlahnya, namun biasanya mulai dari 15% total biaya bersantap di restoran.

Tip ini ditujukan untuk mengapresiasi kerja pegawai restoran. Biasanya berapapun besarnya selalu diterima, kecuali ada larangan dari pihak restoran untuk pegawainya menerima tip.

Baru-baru ini viral kisah pemberian tip di restoran milik Salt Bae di London, Inggris. Mengutip The Sun (5/12/21), awalnya pengunjung bernama Matthew Hynes menuliskan kekecewaannya di situs TripAdvisor.

10 Pose Flamboyan Salt Bae Saat Foto Bareng Tokoh Terkenal Dunia10 Pose Flamboyan Salt Bae Saat Foto Bareng Tokoh Terkenal Dunia Foto: Twitter/Instagram nusr_et

"Satu-satunya alasan kami datang ke sini adalah ingin membuktikan restoran ini populer karena hype di media. Hanya diberi waktu bersantap 30 menit dengan pelayanan yang bisa dibilang buruk dan seperti dilayani robot," tulis Hynes.

Baca Juga: Pengunjung Resto Salt Bae Ini Kecewa Lantaran Diminta Berbagi Meja

Tak berhenti di situ, Hynes juga mengkritik cita rasa steak Salt Bae. Menurutnya kurang rasa dan lebih enak rasa steak buatan Wetherspoons.

Puncaknya, Hynes terkejut bahwa pegawai restoran Salt Bae menolak tip yang diberikan. "Kami ditanya apakah mungkin memberikan tip kepada pelayan. Begitu kami menawarkan £10 (Rp 191 ribu), mereka menolaknya dan menggelengkan kepala," tulis Hynes.

Sampai berita ini ditulis, belum ada tanggapan resmi dari manajemen restoran Salt Bae di London soal penolakan tip oleh pegawai mereka.

Pria Ini Ambil Lagi Tip Rp 70 Ribu yang Diberikan ke Pelayan karena Hal IniMemberikan Tip untuk Pegawai Restoran adalah Budaya di Negara Barat Foto: iStock

Banyak warganet kemudian menduga penolakan tip ini lantaran jumlahnya terlalu kecil. Sebab sebelumnya heboh berita pengunjung restoran Salt Bae memberi tip kotak rokok senilai Rp 38 juta!

Adalah dua orang pengusaha kaya raya yang memberikan tip spesial itu. Salah satu pengusaha, Ollie mengatakan "Kami mendapatkan pengalaman makan yang luar biasa setelah merilis pasta gigi dan saat sore hari kami berpikir bahwa rokok menjadi cara yang sempurna untuk berterima kasih kepadanya."

Makan di Resto Salt Bae, Pria Ini Beri Tip Kotak Rokok Rp 38 JutaMakan di Resto Salt Bae, Pria Ini Beri Tip Kotak Rokok Rp 38 Juta Foto: The Sun

Baca Juga: Makan di Resto Salt Bae, Pria Ini Beri Tip Kotak Rokok Rp 38 Juta

Menyoal menunya, restoran Salt Bae di London memang terkenal mahal. Namun hal ini justru seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi para foodies di sana.

Salt Bae Golden Tomahawk yang jadi andalan, misalnya dibanderol £850 atau sekitar Rp 16,2 juta. Ada juga menu steak yang luar biasa mahalnya. Golden Giant Tomahawk dihargai £1,450 (Rp 27,7 juta) dan Golden Giant Striploin £1,350 (Rp 25,8 juta) di restoran Salt Bae di London.



Simak Video "Menyantap Bakso Urat Tip Top Kemanggisan yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)