Sedang Tak Selera Makan? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Devi Setya - detikFood
Minggu, 05 Des 2021 06:00 WIB
Sedang Tak Selera Makan? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya
Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Ada kalanya orang tak nafsu makan dan ogah melahap makanan meskipun lezat. Ternyata beberapa hal bisa jadi penyebab turunnya selera makan.


Bagi sebagian orang, makan bisa menjadi motivasi sekaligus pendorong semangat. Apalagi setelah lelah bekerja atau melakukan aktivitas fisik. Perut juga pastinya terasa lapar dan akan langsung berselera ketika melihat makanan.

Sayangnya, ada beberapa orang yang ogah-ogahan saat melihat makanan. Biasanya orang yang tidak nafsu makan akan biasa saja ketika melihat makanan enak, bahkan mereka cenderung tidak merasa lapar.

Dilansir dari Mens Health (3/12) ternyata nafsu makan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah gangguan kesehatan. Ketika seseorang merasa tubuhnya sedang tidak enak badan, mereka cenderung melupakan makanan.

Ahli gizi Kacie Vavrek, R.D., di Ohio State University mengatakan hilangnya nafsu makan berkaitan dengan kondisi kesehatan seseorang. "Beberapa alasan utama kehilangan nafsu makan lebih terkait dengan penyakit, seperti pilek atau masalah GI," katanya.

Selain itu, kondisi kesehatan psikologis juga memiliki peranan penting. Jika gejala tak nafsu makan ini terus berlanjut, cobalah untuk konsultasi dengan dokter.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan tak nafsu makan:

1. Flu menyebabkan hilangnya rasa lapar

Kehilangan nafsu makan adalah hal biasa jika kamu sedang mengalami pilek dan flu. Bahkan efeknya dapat menyebabkan penurunan berat badan, kata Dr. Jeremy Korman, direktur medis program bariatrik Rumah Sakit Marina Del Rey.

Korman menjelaskan ini terjadi ketika sel darah putih melepaskan sitokin yang membantu melawan infeksi. "Sitokin adalah zat yang beredar dalam darah ke otak dan menyebabkan demam dan kelelahan, serta hilangnya nafsu makan," katanya.

Selain flu, infeksi bakteri seperti pneumonia dan strep juga dapat menyebabkan hilangnya rasa lapar. Tak perlu khawatir, kondisi ini akan hilang jika badan sudah kembali sehat.

Sedang Tak Selera Makan? 5 Hal Ini Bisa Jadi PenyebabnyaSedang Tak Selera Makan? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Foto: Getty Images/PeopleImages

2. Stres dan rasa cemas

Stres dan rasa cemas juga mempengaruhi selera makan. Orang yang mengalami stres akan terbawa perasaan dan mulai memikirkan banyak hal. Sehingga efeknya, mereka tidak merasakan lapar.

Menurut sebuah studi yang dilakukan Harvard Health, salah satu alasan adalah stres menyebabkan tubuh secara alami melepaskan hormon yang disebut epinefrin, atau juga disebut adrenalin, yang untuk sementara dapat mengurangi rasa lapar. Biasanya hal ini tak berlangsung lama, stres terus-menerus justru menyebabkan tubuh melepaskan kortisol, hormon yang membangkitkan nafsu makan.

Hal-hal apa saja yang menyebabkan tak nafsu makan, lihat halaman berikutnya:

3. Konsumsi obat

Beberapa obat memiliki efek samping yang menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, seperti mual, sakit perut, atau diare. Efek samping ini dapat dikaitkan dengan hilangnya nafsu makan.

Bukan hanya itu, beberapa jenis obat terlarang seperti kodein dan morfin adalah pembunuh nafsu makan. Sebagai solusi, usahakan untuk tidak ketergantungan pada obat. Jika mengalami sakit, cobalah redakan dengan pengobatan alami.

Sedang Tak Selera Makan? 5 Hal Ini Bisa Jadi PenyebabnyaSedang Tak Selera Makan? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Foto: Getty Images/PeopleImages

4. Faktor cuaca

Tak bisa dipungkiri ternyata cuaca juga menentukan nafsu makan. Ketika cuaca sedang panas, orang cenderung malas makan. Lain halnya saat cuaca terasa dingin. Makanan apapun pasti terlihat menggoda dan perut seolah memberikan signal lapar.

"Lingkungan panas dapat menekan nafsu makan dan lingkungan dingin dapat meningkatkan nafsu makan Anda," kata Vavrek.

Tubuh menghasilkan efek panas saat makan. Jika cuaca terasa panas, kamu akan merasa tidak ingin makan karena akan membuat tubuh semakin merasa panas.

5. Tidak nafsu makan bisa berakibat buruk

Menurunnya nafsu makan juga dapat menandakan masalah medis lain seperti hipotiroidisme, diabetes, atau bahkan kanker. Kemungkinan ini harus ditelusuri lebih detail oleh ahli medis.

Hilangnya nafsu makan bisa menjadi masalah besar ketika terjadi secara terus menerus. Apalagi jika tubuh terus kehilangan berat badan dalam tiga atau empat hari.

Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, maka cadangan protein dalam tubuh akan digunakan sebagai energi. Dampaknya tubuh akan kehilangan massa otot sehingga tampak kurus hanya dalam hitungan hari.



Simak Video "Bikin Lapar Edisi Bakso, Gado-gado, sampai Gulai Kepala Kakap"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)