5 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Obat Diet Alami

Devi Setya - detikFood Minggu, 31 Okt 2021 07:00 WIB
Seduh Kopi Bersama Kunyit Agar Jadi Minuman Tinggi Antioksidan Foto: Getty Images/iStockphoto/Almaje
Jakarta -

Banyak pola diet yang bisa dijadikan panduan tapi usahakan untuk tetap mengandalkan bahan alami. Ada deretan bumbu dapur yang bisa dikonsumsi sebagai obat diet alami.

Alih-alih mengandalkan obat kimia sebagai media untuk menurunkan berat badan, sebaiknya coba dulu obat diet alami. Selain banyak mengonsumsi makanan tinggi serat dan rendah kalori, para pelaku diet juga bisa mencoba mengandalkan berbagai bumbu dapur.

Ternyata beberapa bumbu dapur bukan hanya bermanfaat untuk memberi rasa pada masakan tetapi juga membantu menurunkan berat badan. Kandungan alami dalam bumbu dapur ini juga terbukti efektif menurunkan berat badan sekaligus tanpa memberi efek samping negatif.

Dilansir dari Healthline (28/10) beberapa senyawa dalam bumbu dapur berperan aktif melancarkan sistem metabolisme. Seperti salah satunya cabai rawit yang mengandung capcaisin untuk melancarkan metabolisme, atau senyawa dalam kunyit yang mampu menekan pertumbuhan jaringan lemak dalam tubuh.

Berikut beberapa bumbu dapur yang bisa jadi pilihan untuk menurunkan berat badan:

1. Cabai rawit

Bagi penggemar makanan pedas, ada kabar baik yang bisa dijadikan referensi. Cabai rawit ternyata bisa menjadi alternatif pilihan makanan yang ampuh menurunkan berat badan. Ketika sedang melakukan program diet, tak ada salahnya mengonsumsi makanan pedas.

Rasa pedas yang berasal dari senyawa capsaicin ternyata mempunyai banyak manfaat kesehatan, terutama menurunkan berat badan. Di dalam tubuh, capcaisin bekerja aktif memaksimalkan sistem metabolisme. Cabai juga membantu melawan infeksi pada saluran pencernaan sehingga membantu melancarkan sistem pencernaan.

Meskipun memberikan efek positif bagi pelaku diet, tapi usahakan untuk mengonsumsi cabai rawit dalam porsi wajar. Kelebihan konsumsi cabai dan makanan pedas justru akan memicu sakit perut hingga diare.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com