7 Makanan yang Disebut dalam Alquran Berikut Keistimewaannya

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 22 Okt 2021 05:00 WIB
ilustrasi ikan Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa makanan yang disebutkan dalam Alquran memiliki manfaatnya sendiri-sendiri. Tujuh makanan yang disebutkan dalam Alquran ini juga mudah ditemukan di Indonesia.

Alquran bukan hanya berisikan tentang aturan-aturan dan panduan hidup bagi seorang Muslim. Alquran juga mencantumkan makanan-makanan yang yang dianggap sehat dan berkhasiat.

Tidak jarang juga beberapa makanan yang dicantumkan dalam Alquran memang terbukti secara ilmiah memiliki khasiat kesehatan yang bermanfaat. Beberapa makanan yang disebutkan dalam Alquran juga telah lama digunakan sebagai pengobatan alternatif yang dipercaya secara turun temurun dari zaman dahulu hingga sekarang.

Bukan hanya terdapat di tanah Arab ternyata makanan yang disebutkan dalam Alquran juga banyak yang dapat ditemukan dan berlimpah di Indonesia. Mulai dari beberapa jenis buah-buahan, rempah, hingga ikan laut yang disebutkan pada surat Al Maidah ayat 96.

Berikut ini 7 makanan yang disebutkan dalam Alquran dan bisa didapatkan di Indonesia:

buah zaitunFoto: shutterstock

1. Zaitun

Buah zaitun berkali-kali disebutkan dalam Alquran yakni pada Surah An Nur, Surah Al An'am, Surah An Nahl dan berbagai surah dalam Alquran lainnya. Buah zaitun disebutkan dalam Alquran memiliki beragam manfaat titik Tak hanya itu, tanaman zaitun juga disebutkan dalam Alquran sebagai tanaman atau pohon yang diberkahi oleh Allah SWT.

Membutuhkan paparan sinar matahari dan suhu yang tinggi iklim di Indonesia dan paparan matahari yang bersinar sepanjang tahun sangat cocok untuk tanaman buah zaitun. Di beberapa daerah di Indonesia tanaman buah zaitun ini juga sudah berhasil dibudidayakan titik misalnya seperti Bogor, Surabaya, dan beberapa daerah lainnya.

2. Delima

Delima merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Quran sebagai buah surga. Tercatat dalam Al-Quran surat Al-An'am ayat 99 dan 141 serta dalam surat Ar-Rahman ayat 68. Buah delima secara medis juga telah terbukti mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dikenal sebagai salah satu buah khas Timur Tengah, delima memiliki potensi untuk dapat tumbuh subur di Indonesia. Memiliki iklim tropi membuat Indonesia menjadi tempat yang cocok bagi delima untuk tumbuh lebat seperti di Timur Tengah. Buah delima ini bahkan sudah banyak dibudidayakan dengan berbagai teknik oleh para petani buah.

Baca juga: Dijelaskan dalam Alquran, Begini Keutamaan Makan dari Sumber yang Baik

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Pembukaan Subway Indonesia yang Timbulkan Antrean Panjang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com