Kisah Sukses Budiono, Chef Indonesia yang Kini Berlaga di MasterChef Inggris

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 04 Des 2021 11:00 WIB
Kisah Sukses Budiono, Chef Indonesia yang Kini Berlaga di MasterChef Inggris Foto: Instagram/budiono_sukim

Mengawali Karir Sebagai Pencuci Piring

Lulus dari sekolah menengah, chef Budi mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai pencuci piring. Bekerja di Samudera Restaurant yang berlokasi Jakarta Selatan dirinya mengaku pernah ditawari untuk naik jabatan sebagai seorang pelayan restoran.

Merasa bukan ranah yang diminatinya, chef Budi menolak tawaran pekerjaan tersebut. Chef Budi justru meminta untuk dipindahkan ke bagian dapur dan dijadikan sebagai cook helper di tempatnya bekerja.

"Dari sini aku merangkak naik hingga menjadi tukang masak. Karirku berpindah dari Chinese restaurant hingga ke hotel bintang 5 Four Seasons Jakarta di Kuningan kala itu," kata chef Budi.

Kerja kerasnya sebagai bagian dari pekerja di dapur tak disangka mampu membawa dirinya dipindahkan ke salah satu hotel Four Seasons lainnya di luar negeri. Dipindahkan ke Four Seasons Park Lane, London diakui menjadi langkah awal yang membawa dirinya pindah dari satu hotel ke hotel ternama lainnya di London, Inggris.

Pada tahun 2010, akhirnya chef Budi dinobatkan sebagai seorang Sous Chef atau setara dengan manager ketika pindah bekerja ke The Savoy Hotel. Posisinya pada pekerjaan ini yang kemudian dibuat chef Budi menerima penghargaan pertamanya.

Tidak hanya berdiam di London, chef Budi ternyata juga pernah dipindah tugaskan ke Dubai. Sampai pada akhirnya ia kembali dipanggil untuk menetap di London dan mendapatkan kenaikan jabatan menjadi seorang Executive Sous Chef. Tak butuh waktu lama, chef Budi kembali dipercaya untuk menduduki posisi Head Chef di Langham Hotel London.

Jadi Lulusan Terbaik Saat Sekolah di Inggris

Kisah Sukses Budiono, Chef Indonesia yang Kini Berlaga di MasterChef InggrisKisah Sukses Budiono, Chef Indonesia yang Kini Berlaga di MasterChef Inggris Foto: Instagram/budiono_sukim

Tak cukup puas dengan karir profesinya, chef Budiono ternyata juga tetap memerhatikan pendidikan formalnya. Tahun 2017, chef Budiono mendaftarkan dirinya untuk bersekolah di Westminster Kingsway College.

Chef Budiono memilih untuk melanjutkan pendidikan di Culinary Art & Business Management jurusan ilmu kuliner modern. Menjalankan pendidikan sekaligus menjadi seorang chef profesional bukan hal yang mudah.

Berbagai perjuangan juga dilalui oleh chef Budi. Mulai dari mengatur waktu antara pendidikan dan pekerjaan hingga mengurangi waktu istirahatnya. Tak pantang menyerah, chef Budi percaya bahwa semua yang dilakukannya saat itu akan memberikan hasil yang baik di kemudian hari.

Benar saja, usai lulus dari Westminster Kingsway College, chef Budi menyandang gelar sarjana terbaik pada bidang studi Culinary Art & Business Management.

Baca juga: 5 Tips Diet Meisya Siregar yang Kian Bugar Usai Turun BB 26 Kg

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Dessert Box Alpukat Crumble Wafer Cokelat"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com