5 Rempah Ini Bisa Dicampurkan ke Dalam Kopi dan Bikin Lebih Enak

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 04 Des 2021 07:00 WIB
minum kopi
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Kopi tak hanya bisa dinikmati dengan tambahan gula dan pemanis saja. Enam bumbu dapur dan rempah ini jika ditambahkan ke secangkir kopi, bikin rasanya makin spesial!

Minum kopi tak selamanya bisa dinikmati dengan rasa pahit atau ditambahkan pemanis saja. Seringkali gula dan berbagai jenis sirup menjadi bahan pelengkap yang paling populer untuk menambahkan rasa pada secangkir kopi.

Ternyata kopi juga bisa dikreasikan menggunakan bahan-bahan dan rempah alami yang jauh lebih sehat. Tidak hanya mengganti kandungan gula tambahan, penggunaan rempah dan bumbu dapur ini bisa membuat rasa kopi lebih enak.

Beberapa bumbu dapur yang disarankan untuk ditambahkan ke dalam kopi bahkan mudah ditemukan di dapur rumah. Sesekali menambahkan sejumput bumbu dapur berikut perlu dicoba dan rasakan kenikmatan khasnya.

Berikut ini 6 jenis bumbu dapur yang direkomendasikan untuk menambah rasa pada kopi menurut The Queen Bean:

A wooden bowl with cinnamon, nutmeg, cardamom, pink peppercorns and cloves on a rustic wooden table.Foto: iStock

1. Kapulaga

Rempah yang sering digunakan pada beberapa masakan tradisional Indonesia ini ternyata juga bermanfaat untuk secangkir kopi hangat. Menambahkan sejumput kapulaga pada kopi hangat dikatakan mampu memberikan sedikit rasa pedas yang lembut.

Selain rasa, penambahan kapulaga ternyata juga mampu memberikan aroma earthy seperti aroma tanah yang segar. Selain itu menambahkan kapulaga juga bermanfaat untuk meredakan perut kembung dan memberikan asupan zat besi, potasium serta serat tambahan pada secangkir kopi.

2. Cengkeh

Bagi kamu pencinta kopi dengan aroma yang kuat, menambahkan cengkeh ke dalam kopi menjadi cara yang tepat. Cengkeh memberikan aroma tambahan seperti kayu yang segar atau bau rempah yang khas pada secangkir kopi.

Biasanya penambahan cengkeh direkomendasikan pada seduhan biji kopi yang kuat karakteristik kacangnya misalnya seperti biji kopi asal Flores. Selain menambahkan aroma, cengkeh juga memiliki komponen antioksidan dan antibakteri yang baik.

Baca juga: 5 Tips Diet Meisya Siregar yang Kian Bugar Usai Turun BB 26 Kg

3. Biji Pala

Menambahkan biji pala bubuk ke dalam secangkir kopi dipercaya mampu memperkuat rasa kopi yang akan dinikmati. Selain itu, biji pala juga mampu memberikan sedikit rasa pedas yang lembut dan seimbang dengan rasa asli kopi.

Tak hanya itu, menambahkan biji pala pada kopi juga mampu memberikan manfaat kesehatan yang baik. Biji pala mengandung komponen antiinflamasi yang dapat menyehatkan sistem pencernaan, membantu mengatasi insomnia, hingga meredakan gejala depresi.

4. Kunyit

klaim manfaat kunyitFoto: iStock

Punya rasa yang sangat khas dan unik, menambahkan kunyit ke dalam secangkir kopi dipercaya mampu mengeluarkan rasa kopi menjadi lebih maksimal. Kunyit yang ditambahkan ke dalam secangkir kopi juga mampu membuat rasa asli kopi bisa terasa lebih kuat.

Tidak hanya memberikan rasa, kunyit sangat baik fungsinya menjadi antiinflamasi dan komponen yang mampu meredakan nyeri. Menambahkan kunyit pada seduhan biji kopi khas Sumatera begitu disarankan karena kecocokan rasa yang dapat berpadu dengan sempurna.

5. Kayu Manis

Tidak banyak diketahui, campuran kopi dan kayu manis ini sebenarnya sudah cukup banyak penggemarnya. Rasa kayu manis yang khas dan aromanya yang lembut membuat rasa kopi makin sempurna.

Menambahkan kayu manis pada secangkir kopi dipercaya berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung dan kulit hingga beberapa manfaat kesehatan secara menyeluruh. Cara ini juga dipercaya sebagai alternatif yang lebih sehat untuk menambahkan rasa manis dibandingkan pakai gula.

Baca juga: Resto Baru Salt Bae di Arab Saudi Diprotes karena Kemahalan

6. Jahe

Dikenal dengan rasanya yang agak 'pedas' dan hangat, ternyata jahe yang ditambahkan ke dalam kopi dapat membuat sedikit rasa manis muncul pada secangkir kopi. Baik jahe bubuk maupun parutan jahe yang ditambahkan dalam kopi juga dipercaya bisa mmberikan rasa yang lebih lembut.

Jahe yang mengandung komponen antiinflamasi kuat juga dikatakan mampu membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Menambahkan jahe ke dalam secangkir kopi ini juga begitu direkomendasikan terutama untuk orang dewasa.

Baca juga: Baso Bening Villa Duta: Kenikmatan Bakso Yamin Tanpa Kuah yang Jadi Favorit YouTuber



Simak Video "Berawal dari Hobi Gowes, Sekalian Usaha Kopi Pakai Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)