Bukan Buat Celupan Sushi, Kecap Jepang Ini Dibuat Untuk Topping Dessert

Devi Setya - detikFood Kamis, 02 Des 2021 14:30 WIB
Bukan Buat Celupan Sushi, Kecap Jepang Ini Dibuat Untuk Topping Dessert Foto: Grapee
Jakarta -

Soy sauce atau kecap biasa dijadikan pelengkap saat makan sushi atau sashimi. Tapi kecap satu ini sengaja dibuat sebagai pelengkap pada dessert. Seperti apa sensasinya?

Sebuah produsen kecap tradisional di Jepang membuat produk baru yang unik. Kecap terbarunya ini diracik untuk ditambahkan sebagai pelengkap dessert atau makanan penutup. Tentu saja produk barunya ini membuat banyak orang penasaran.

Dilansir dari Grapee (2/12) kecap atau shoyu termasuk salah satu bumbu yang paling populer dalam masakan Jepang. Banyak makanan yang diolah dengan tambahan kecap.

Bukan Buat Celupan Sushi, Kecap Jepang Ini Dibuat Untuk Topping DessertBukan Buat Celupan Sushi, Kecap Jepang Ini Dibuat Untuk Topping Dessert Foto: Grapee

Sebut saja misalnya sushi, ramen, udon, tempura, sukiyaki dan berbagai hidangan ala Jepang lainnya diolah atau disantap dengan pelengkap kecap. Secara umum, mencampur kecap sebagai pelengkap dessert bukanlah hal yang wajar.

Tapi sebuah pabrik kecap tradisional di Jepang tampaknya ingin membuat gebrakan yang berbeda. Mereka membuat kecap yang rasanya bisa cocok jika dipadukan dengan dessert.

Kecap ini disebut Suītsu senyō shōyu yang artinya Kecap untuk manisan (makanan manis). Sesuai dengan namanya, kecap satu ini tidak memiliki rasa asin gurih melainkan manis layaknya rasa madu.

Bukan Buat Celupan Sushi, Kecap Jepang Ini Dibuat Untuk Topping DessertBukan Buat Celupan Sushi, Kecap Jepang Ini Dibuat Untuk Topping Dessert Foto: Grapee

Kecap versi manis ini bisa dijadikan topping pada aneka makanan penutup. Terdapat dua rasa kecap versi manis ini yakni rasa mitarashi dan rasa vanilla.

Kedua rasa kecap manis ini dibuat menggunakan racikan kedelai yang sudah difermentasi selama 3 tahun, mirin dan sanonto atau gula karamel berwarna coklat. Bahan-bahan berkualitas tinggi ini membuat kecap menjadi lezat.

Untuk kecap rasa mitarashi cocok dipadukan dengan makanan manis seperti dango. Paduan antara kecap dan gula menjadikan rasanya lezat dan bikin ketagihan.

Sementara kecap rasa vanila cocok dipadukan dengan berbagai makanan tradisional maupun modern. Kecap rasa vanila ini punya rasa mirip sirup karamel namun dengan sedikit sentuhan rasa asin.

Berbagai dessert bisa dikombinasikan dengan kecap versi manis ini. Dalam iklannya, kecap versi manis ini bisa ditambahkan sebagai topping es krim, pancake bahkan mochi yang kenyal lembut.

Sebagai produsen, Pabrik kecap Nakatsu dari Nitanda Shoyuten yang berlokasi di Prefektur Ita mengatakan kecap ini bisa jadi alternatif pilihan saat orang bosan menikmati dessert yang biasa. Produsen kecap yang sudah beroperasi lebih dari 100 tahun ini menjamin kecap atau shoyu terbarunya ini dibuat dengan kualitas tinggi.

Sebagai langkah perkenalan, pihak produsen sudah bekerjasama dengan toko kue lokal yang menghadirkan aneka dessert dengan topping kecap ini. Hidangan seperti puding dan kue tradisional ala Jepang bisa dinikmati dengan topping kecap.



Simak Video "Surga Kuliner Kaki Lima di Belakang Grand Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com