Gurih Asin! Makan Sushi Ternyata Enak Ditaburi Garam

Devi Setya - detikFood Selasa, 23 Nov 2021 15:00 WIB
Gurih Asin! Makan Sushi Ternyata Enak Ditaburi Garam Foto: soranews
Jakarta -

Tidak banyak yang tahu kalau di restoran sushi kerap disediakan garam. Ternyata makan sushi bisa ditambahkan garam untuk rasa yang gurih asin, namun tidak berlaku untuk semua jenis sushi.

Menyantap sushi paling pas dengan cocolan soy sauce dan tambahan sedikit wasabi. Tapi sebenarnya sushi bisa dimakan dengan sedikit taburan garam. Beberapa restoran sushi juga menyediakan garam sebagai pelengkap makan.

Dilansir dari Soranews (18/11) biasanya restoran sushi akan menyediakan garam dalam bungkusan kecil. Garam ini bisa jadi taburan bagi mereka yang suka makanan asin.

Gurih Asin! Makan Sushi Ternyata Enak Ditaburi GaramGurih Asin! Makan Sushi Ternyata Enak Ditaburi Garam Foto: soranews

Kurara Sengyo, seorang ahli sushi mengatakan garam bisa ditambahkan pada jenis tempura atau sushi yang disajikan dengan tempura sebagai isian atau topping. Sedikit tambahan garam pada tempura membuat teksturnya jadi lebih renyah.

Jenis tempura ikan bisa menjadi menu makanan yang bisa ditambahkan garam. Dengan sedikit taburan garam, bagian luar tempura akan renyah gurih asin sementara bagian dalamnya bertekstur lembut empuk.

"Saya makan tempura nigiri ikan John Dory dengan taburan garam di atasnya dan tanpa saus atau kaldu," kata Kurara Sengyo.

Kurara merekomendasikan untuk menaburkan garam langsung di atas tempura. Selain itu, garam juga bisa ditambahkan pada sushi dengan pelengkap ikan.

Garam diklaim membantu mengeluarkan rasa yang lebih kompleks dan membuat sushi jadi lebih segar. Bukan hanya ikan berdaging putih, Kurara Sengyo juga menyarankan untuk menambah garam pada ikan tuna.

Cara ini mungkin terdengar aneh dan asing karena biasanya orang menyantap sushi atau sashimi ikan tuna dengan cocolan soy sauce. Tapi ternyata menambahkan garam pada ikan tuna membuat rasanya jadi lebih gurih.

Gurih Asin! Makan Sushi Ternyata Enak Ditaburi GaramGurih Asin! Makan Sushi Ternyata Enak Ditaburi Garam Foto: soranews

Terlebih lagi untuk menu ikan tuna yang berlemak, di Jepang potongan tuna berlemak ini dikenal dengan sebutan otoro.


Garam juga bisa ditambahkan pada menu yang menggunakan rumput laut atau nori. Rasa asin garam membuat nori terasa jauh lebih gurih.

Meskipun menaburkan garam pada sushi dianggap wajar, namun pastikan untuk tidak menambah garam terlalu banyak karena rasa asin yang dominan justru menghilangkan rasa dari sushi dan sashimi yang tersaji segar.



Simak Video "Menyantap Sushi di Warung Kaki Lima, Harganya Rp 10 Ribuan!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com